Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Rekam Pesan Suara di WhatsApp Tak Perlu Tahan Tombol Lagi?

Pemakaian fitur tersebut agaknya bakal dipermudah dengan kemampuan hands-free alias lepas tangan. Fungsi ini berjalan dengan mengunci perekaman, atau dijalankan terus sampai dihentikan oleh pengguna. Saat ini, pengguna harus menekan tombol perekaman terus menerus untuk membuat pesan suara.

Caranya, sesaat setelah menekan dan menahan tombol mikrofon, akan muncul sebuah opsi baru bernama “slide up to lock recording”. Selanjutnya tinggal menyapukan jari ke atas, dan WhatsApp pun akan mengunci perekaman sehingga dapat merekam tanpa tombolnya dtahan.

Begitu perekaman suara dikunci, pengguna tetap bisa melakukan scrolling chat dalam jendela obrolan yang terbuka. Pengguna juga masih bisa membatalkan perekaman dan menghapusnya tanpa dikirim.

Selama ini pengguna WhatsApp mesti menekan dan menahan tombol mikrofon dengan jari untuk melakukan perekaman. Proses perekaman suara hanya akan terus berjalan selagi jari masih berada di tombol sehingga tidak bisa lepas tangan.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Phone Arena, Sabtu (7/4/2018), fitur di atas baru muncul dalam aplikasi WhatsApp Android versi beta 2.18.102, dan kabarnya akan segera tersedia untuk platform iOS.

Kemungkinan tampilan antarmuka perekaman voice note hands-free ini akan berubah lagi, sebelum akhirnya diterapkan di aplikasi WhatsApp versi final.

Selain itu, ada lagi kemampuan baru yang akan hadir di WhatsApp, yakni melihat ukuran file sticker sebelum mengunduhnya ke ponsel.

https://tekno.kompas.com/read/2018/04/07/10103647/rekam-pesan-suara-di-whatsapp-tak-perlu-tahan-tombol-lagi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke