Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Google Beri Petunjuk Nama Android P

Belum diketahui apa kepanjangan dari inisial “P”-nya, tetapi hampir pasti merujuk pada camilan manis seperti yang sudah-sudah. Netizen pun saling berbagi asumsi dan prediksi, mulai dari “Pancake” hingga “Pistachio Ice Cream”.

Yang teranyar, netizen menduga kepanjangan “P” tak lain adalah “Popsicle” atau dalam Bahasa Indonesia adalah es lilin. Hal ini terendus dari paket wallpaper Android termutakhir yang dirilis Google untuk edisi musim semi (spring).

Dari enam jenis wallpaper yang bisa dipilih, salah satunya bermotif Popsicle warna-warni dengan latar putih. Motif itu dianggap kurang cocok dengan tema musim semi, sebab Popsicle lebih sering dikonsumsi ketika musim panas (summer).

Hal inilah yang memunculkan kecurigaan netizen bahwa Google memiliki pesan khusus dari paket wallpaper tersebut. Bisa saja Popsicle sengaja dihadirkan untuk membisikkan nama sistem operasi Android selanjutnya, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Minggu (15/4/2018), dari SlashGear.

Popsicle dalam Bahasa Indonesia bisa disebut es lilin, es stik, atau es lolipop. Intinya, Popsicle terbuat dari es yang dibekukan dengan varian warna beragam.

Biasanya rasanya merujuk pada buah-buahan seperti mangga, jeruk, dan stroberi. Tak jarang pula ditemukan Popsicle rasa coklat, kacang hijau, dan susu putih.

Hingga kini kecurigaan soal nama Android Popsicle belum digubris Google. Selain penamaan, fitur-fitur Android selanjutnya juga sudah ramai dibicarakan di ranah maya.

Beberapa di antaranya adalah fitur multi-kamera yang mendukung aplikasi ketika, dukungan “notch” mirip iPhone X, Gmail Smart Replies, tampilan gambar di notifikasi, pemisahan percakapan grup dan personal yang lebih jelas, zooming-text seperti di iPhone, melihat peta indoor melalui aplikasi, kompresi foto, peningkatan password otomatis, hingga garis volume vertikal.

Kita tunggu saja benar atau tidaknya nama Android Popsicle dan bocoran fitur-fitur di atas pada Mei mendatang.

https://tekno.kompas.com/read/2018/04/15/12440037/google-beri-petunjuk-nama-android-p

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke