Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Indosat: Registrasi Prabayar Bikin Pendapatan Operator Turun

Pasalnya, untuk satu operator seluler, masyarakat hanya bisa mendaftarkan sendiri satu NIK dan nomor KK untuk tiga kartu perdana prabayar. Jika lebih dari itu, pengguna harus mendaftar ke gerai resmi, yang bisa jadi membuat mereka enggan.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) sejak awal memang mengatakan salah satu tujuan registrasi kartu SIM prabayar adalah mencegah adanya praktik “sekali beli kartu perdana langsung buang” di lapangan.

“Imbasnya (registrasi kartu SIM prabayar) pasti lumayan di industri. Yang menjalankan program ini dengan benar pasti kena imbas. Ada yang hilang, revenue turun,” kata Joy Wahjudi, CEO Indosat Ooredoo, Rabu (20/4/2018), di Bandar Lampung.

Joy Wahjudi belum bisa memastikan sesignifikan apa penurunan revenue yang bakal dialami Indosat Ooredoo. Yang jelas, pihaknya tengah mencari solusi untuk menggenjot pendapatan dari sektor lain.

“Kami akan rancang model bisnis baru ke mitra. Nggak lagi dorong ke jualan starter pack, tetapi lebih ke voucher dan top-up pulsa,” ia menuturkan.

Selama ini, jualan starter pack laris manis karena kebiasaan masyarakat yang tak mau repot isi kuota. Komisi penjualannya untuk para mitra pun terbilang besar, yakni 10 persen.

“Kalau soal komisi kan sebenarnya tergantung kami, bisa diturunin untuk penjualan A dan digedein untuk penjualan B,” ia berujar.

Ia berharap perubahan model bisnis ini menjadi komitmen semua operator, sehingga tercipta sebuah kompetisi yang seimbang dan sehat.

https://tekno.kompas.com/read/2018/04/20/09054347/indosat-registrasi-prabayar-bikin-pendapatan-operator-turun

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke