Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

YouTube Hapus 8 Juta Video, Sebanyak 6 Juta Belum Ditonton

Informasi ini dikemukakan oleh Google dalam sebuah laporan. Perusahaan yang bernaung di bawah payung Alphabet ini mengatakan bahwa tindakan tersebut adalah cara bagaimana YouTube melindungi konsumennya.

"Pembaruan rutin ini akan membantu menunjukkan kemajuan yang kami buat dalam menghapus konten-konten yang melanggar aturan di platform kami," tulis YouTube sebagaimana dikutip KompasTekno dari blog resminya, Rabu (25/4/2018).

Berdasarkan laporan tersebut sebanyak 6,7 juta video di antaranya langsung dihapus tanpa pernah ditonton oleh publik sekalipun. Ke semua video dilaporkan bermasalah oleh mesin pemindai Google.

Google memang menggunakan mesin dengan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) untuk mendeteksi video yang melanggar aturan.

Berdasarkan rincian, sebanyak 30 persen video yang dihapus karena terindikasi pornografi. Kemudian 26,4 persen adalah video yang menyesatkan, 15,6 persen berisi ujaran kebencian dan kekerasan, 7,6 persen adalah video dengan aksi berbahaya, 5,2 persen berisi kekerasan pada anak, dan 1,6 persen sisanya terkait terorisme.

YouTube tercatat kini memiliki lebih dari satu miliar penonton dan satu miliar jam video ditonton setiap harinya. Di atas kertas dengan jumlah ini tentu YouTube akan sulit mengawasi konten-konten yang beredar setiap harinya.

Namun pada akhir tahun lalu, Google telah berjanji untuk mempekerjakan lebih dari 10.000 karyawan untuk fokus pada pemeriksaan konten-konten yang melanggar aturan.

YouTube sendiri saat ini telah menjadi penyumbang laba yang cukup besar bagi Alphabet. Bahkan dalam tiga bulan pertama di tahun 2018 ini laba yang dihasilkan sudah mencapai 9,4 miliar dollar AS. Ini merupakan peningkatan pesat dari tahun lalu yang mendulang laba 5,4 miliar dollar AS.

Kendati demikian, YouTube seringkali dianggap lalai terkait pengawasan konten. Banyak pihak yang menduga YouTube tidak serius melindungi pengguna dari video-video yang tak layak. Bahkan tak jarang yang mengatakan bahwa video-video di YouTube berpotensi melahirkan tindakan-tindakan kriminal.

https://tekno.kompas.com/read/2018/04/25/08505687/youtube-hapus-8-juta-video-sebanyak-6-juta-belum-ditonton

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke