Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Cek Status Registrasi dan "Unreg" Nomor Kartu SIM Prabayar

Misalnya, terjadi kasus Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor Kartu Keluarga (KK) ternyata dipakai orang lain untuk mendaftarkan kartu prabayar yang bukan milik sang empunya NIK dan KK.
 
Lalu ada juga pembatasan registrasi sendiri oleh pelanggan, maksimal  tiga nomor dari operator seluler yang sama untuk satu pasangan nomor NIK dan KK.
 
Pelanggan bisa mendaftarkan lebih dari tiga nomor,  tetapi harus mendatangi gerai operator seluler yang bersangkutan.
 
Wakil Direktur Hutchinson Tri  Indonesia M Danny Buldansyah mengatakan, pemerintah dan operator seluler sebenarnya menyediakan cara untuk mengatasi kendala-kendala di atas, antara lain lewat fitur pengecekan status registrasi nomor.
 
Ada juga fasilitas "unreg" untuk membatalkan registrasi salah satu kartu yang sudah didaftarkan apabila pelanggan ingin meregistrasi nomor baru sementara jumlah maksimal tiga nomor sudah tercapai.
 
"Yang penting, nomor yang aktif tidak lebih dari tiga. Kalau di-unreg, kartu tidak akan bisa dipakai lagi," ujar Danny kepada sejumlah wartawan di kantor Hutchinson Tri di Jakarta, Kamis (26/4/2018).
 
Dia menambahkan, rekaman histori pemakaian kartu tetap tersimpan setelah registrasi dibatalkan oleh pelanggan. Hal ini dimaksudkan untuk menekan angka penyalahgunaan kartu, seperti penyebaran SMS spam.

Unreg nomor

 
Hutchinson Tri: Kunjungi situs https://registrasi.tri.co.id, pilih opsi "UnReg".
 
Telkomsel: Ketikkan kode USSD *444#, lalu tekan "dial" dan pilih opsi "UnReg".
 
XL Axiata/ Axis: Kirim SMS dengan format UNREG# No_hp (UNREG# langsung diikuti nomor ponsel), atau ketik kode USSD *123*4444# di aplikasi telepon dan tekan "dial".
 
Indosat Ooredoo: Kirim SMS dengan format UNPAIR#No_hp# ke 4444.
 
Selain dengan cara-cara di atas, pelanggan juga bisa memeriksa status pendaftaran atau membatalkan registrasi (unreg) dengan mengunjungi gerai operator seluler yang bersangkutan.

https://tekno.kompas.com/read/2018/04/27/10320007/cara-cek-status-registrasi-dan-unreg-nomor-kartu-sim-prabayar

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke