Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Google Buka Registrasi Domain Top Level ".App"

Peminat bisa mendaftarkan nama-nama domain website dengan akhiran TLD .app, seperti "namaanda.app", "ideanda.app", atau "bisnisanda.app"

Pendaftaran dibuka mulai Selasa (1/5/2018) lalu, dan akan berlangsung hingga Senin (7/5/2018). Peminat awal bisa mendaftar lewat Early Access Program Google. Kemudian, sehari setelahnya, domain .app akan tersedia untuk masyarakat umum, termasuk lewat registrar lain.

TLD .app diklaim cocok untuk pengembang aplikasi dan para pelaku industri teknologi, karena mudah diingat. Domain ini sekaligus menjadi alternatif dari domain .com yang sudah penuh sesak.

Selain itu, Google juga mengharuskan semua website .app untuk menggunakan HTTPS secara default, untuk melindungi dari bahaya serangan malware iklan, tracking injection oleh penyedia layanan internet (ISP), maupun jaringan WiFi yang tak terproteksi.

"TLD .app termasuk dalam daftar HSTS preload, sehingga HTTPS diperlukan untuk semua koneksi ke situs .app -tak ada registrasi ataupun konfigurasi HSTS individual yang diperlukan. Hasilnya adalah sekuriti web built-in untuk Anda dan pengguna Anda," sebut Google dalam keterangannya

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari TechCrunch, Kamis (3/5/2018), Google mengatakan pendaftaran .app bakal lebih murah dibandingkan TLD lain macam .how atau .soy. Harga "grosir" dipatok antara 10 hingga 12 dollar AS (sekitar Rp 160.000), sementara registrasi retail dikenai biaya 20 dollar AS (sekitar Rp 300.000).

Informasi selengkapnya bisa diperoleh di website Google di tautan berikut.

https://tekno.kompas.com/read/2018/05/03/07180327/google-buka-registrasi-domain-top-level-app

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke