Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bixby Vision di Ponsel Galaxy Jadi Favorit Pengguna di Indonesia

Hal itu diutarakan oleh Denny Galant, Head of Product Marketing IM Business Samsung Electronics Indonesia. Menurutnya, Bixby Vision menjadi elemen Bixby yang paling populer digunakan.

Seperti diketahui, asisten digital Bixby memang memiliki tiga elemen, yakni Bixby Voice, Bixby Home, dan Bixby Vision.

Bixby Vision adalah teknologi augmented reality (AR) yang salah satu kemampuannya bisa mengenali obyek lewat kamera, untuk kemudian dicari referensinya di internet. Bixby Vision juga bisa digunakan untuk menerjemahkan teks bahas asing secara real time.

Fungsi itu dijalankan lewat tombol khusus di kamera milik Samsung. Bixby Vision hadir pada ponsel kelas premium, semisal seri Galaxy S dan Galaxy A.

"Kami lihat itu memang teknologi masa depan dan relevan dengan kebutuhan konsumen. Di Indonesia, Bixby Vision mendapat respons yang sangat bagus, sangat positif," ungkap Denny saat acara peluncuran Galaxy J7 Duo di kawasan Thamrin, Kamis (3/5/2018).

Kesimpulan yang didapat Samsung bukan melalui data-data penjualan, melainkan dari diskusi ringan rutin dengan pengguna. Dari sinilah terlihat bahwa Bixby Vision menjadi fitur favorit yang paling sering digunakan.

"Kami tidak mengukur dari angka penjualan, tapi secara rutin kami mendengarkan suara konsumen. Kami tanya pendapat mereka (soal Bixby), dan lain-lain. Kemampuan kecerdasan buatan bakal berguna dan relevan dengan kebutuhan," lanjutnya.

Selain Bixby Vision, masih ada Bixby Voice yang memungkinkan pengguna menjalankan aneka perintah dan action lewat suara di berbagai aplikasi, seperti galeri, reminder, contacts, dan kamera.

Ada juga Bixby Home yang diluncurkan lewat tombol khusus. Bentuknya berupa deretan kartu (Cards) mirip Google Now yang menunjukkan aneka informasi seperti cuaca, jadwal, dan lain-lain.

Bixby sendiri memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan asisten digital lainnya. Salah satu kelebihan yang paling menonjol adalah dapat mengerti konteks yang sedang ditampilkan pada layar ponsel.

Bixby dikatakan akan mempelajari semua kegiatan yang Anda lakukan pada ponsel, sehingga ia dapat merekomendasikan sesuatu kepada pengguna dengan relevan.

https://tekno.kompas.com/read/2018/05/03/19020027/bixby-vision-di-ponsel-galaxy-jadi-favorit-pengguna-di-indonesia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke