Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Instagram Bisa Saring Komentar "Bullying", Begini Caranya

"Kami tidak menoleransi perundungan di Instagram. Pedoman Komunitas kami telah melarang perundungan di platform ini", tulis Co-Founder dan CEO Instagram, Kevin Systrom, seperti dirangkum KompasTekno dari blog resmi Instagram, Kamis (3/5/2018).

Penyaringan komentar bisa dilakukan dengan memilih menu "Settings" (pengaturan). Gulir ke bawah hingga menemukan opsi "Comment" (komentar) hingga terbuka menu "Comment control" (kontrol komentar).

Pengguna bisa langsung mengaktifkan fitur filter komentar secara otomatis di opsi "hide offensive comments" (sembunyikan komentar menyinggung).

Dengan mengaktifkan menu tersebut, Instagram akan mengandalkan algoritma untuk menyaring komentar yang kemungkinan bernada perundungan.

Penyaringan juga bisa dilakukan secara manual di menu "manual filter" (filter manual). Pengguna bisa memasukkan kata-kata yang ingin diblokir secara manual.

Bisa juga mengaktifkan opsi "use default keywords" (gunakan kata kunci default ) untuk menyembunyikan kata atau frasa yang dianggap menyinggung, dan tidak pantas di Instagram.

Khusus kata kunci default, hanya tersedia dalam bahasa tertentu. Kata kunci khusus di menu manual filter juga belum mendukung aksara tanpa spasi, seperti huruf kanji, bahasa Mandarin, dan bahasa Thailand.

Untuk menggunakan fitur baru ini, pengguna harus meng-update Instagram ke versi 43.0.0, baik di perangkat Android maupun iOS.

Kebijakan soal anti perundungan ini diharapkan membuat Instagram sebagai tempat yang nyaman untuk berekspresi dan mengungkapkan diri.

https://tekno.kompas.com/read/2018/05/04/10020057/instagram-bisa-saring-komentar-bullying-begini-caranya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke