Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Xiaomi Ditinggal Pendirinya, Dua Orang Sekaligus

Sebabnya tak dijelaskan secara detil, hanya dibilang berhubungan dengan urusan pribadi.

“Jajaran eksekutif Xiaomi menghormati dan memahami keputusan mereka. Kami juga ingin berterima kasih atas segala dedikasi dan kontribusi mereka selama ini. Kami berharap masa depan mereka sejahtera,” begitu tertera dalam surat internal.

Hengkangnya dua pendiri Xiaomi beriringan dengan rencana pabrikan tersebut untuk menawarkan saham umum perdana (IPO).

Xiaomi dikatakan bakal mendaftar di bursa Hongkong dan menargetkan evaluasi senilai 100 miliar dollar AS (Rp 1.377 triliun).

Dengan angka itu, Xiaomi bisa mencatat sejarah IPO baru sebagai perusahaan teknologi China kedua dengan valuasi terbesar setelah Alibaba Group.

Terlepas dari isu IPO, Xiaomi agaknya tak bisa lagi menahan dua pendirinya untuk menetap. Padahal, Zhou Guangping dan Huang Jianji bisa dibilang sebagai otak dan DNA Xiaomi.

Dua posisi eksekutif Xiaomi yang kosong akan digantikan sementara oleh Chew Shou Zi yang saat ini sekaligus menjabat Chief Financial Operation (CFO). Menurut Lei Jun, Chew Shou Zi banyak berkontribusi untuk pengembangan Xiaomi sejak bergabung pertama kali pada 2015 lalu.

“Chew Shou Zi memiliki jiwa kepemimpinan dan kemampuan manajemen bisnis yang sangat baik,” kata Lei Jun.

Dengan ditunjuknya Chew Shou Zi, tantangan sebagai eksekutif Xiaomi akan semakin besar. Ia bertanggung jawab tak hanya menaungi keuangan perusahaan, tetapi juga pengembangan produk, investasi, dan sumber daya manusia.

Sebeum bergabung ke Xiaomi, Chew Shou Zi bekerja di firma permodalan (venture capital) bertajuk “DST Global”. Selama di sana, ia menanam investasi ke Xiaomi, JD.com, Alibaba Group, Didi Chuxong, dan lainnya.

https://tekno.kompas.com/read/2018/05/04/15160037/xiaomi-ditinggal-pendirinya-dua-orang-sekaligus

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke