Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

MacBook Air 2018 Bakal Tampil Segar Setelah 8 Tahun?

Tak dijabarkan secara detil akan seperti apa MacBook Air nantinya, hanya saja tetap mengusung tubuh langsing. Beberapa spesifikasi pun ditingkatkan, misalnya layar Retina dengan resolusi lebih tinggi, serta CPU Intel yang lebih modern.

Ada juga prediksi yang menyebut Apple berencana mengembangkan sistem hibrida, yang mampu menggabungkan perangkat iOS dan macOS. Artinya, bisa jadi MacBook Air nantinya memiliki layar sentuh.

Analyst Apple, John Gruber, pernah menyebut sistem dengan dukungan lintas platform akan menjadi tren 2019. Meski begitu, CEO Apple, Tim Cook menegaskan bahwa integrasi iPad dan MacBook bukanlah hal yang baik.

Selain dari desain dan spesifikasi, MacBook Air 2018 rumornya akan dipatok dengan harga terjangkau di bawah 1.000 dollar AS (Rp 13,8 juta). Diketahui, harga normal MacBook Air yang beredar saat ini antara 1.000 dollar AS hingga 1.200 dollar AS (Rp 16,6 juta).

Belum jelas kapan waktu peluncuran laptop tipis tersebut. Mulanya dikatakan bakal rilis pada kuartal kedua (Q2) 2018, yakni bertepatan dengan ajang kumpul pengembang tahunan “Worldwide Developer Conference” (WWDC).

Namun belakangan beredar isu bahwa Apple menunda peluncuran MacBook Air hingga ke kuartal ketiga (Q3) 2018. Jika benar, bisa jadi MacBook Air teranyar muncul pada peluncuran lini iPhone September mendatang, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Sabtu (5/5/2018), dari Cnet.

MacBook Air generasi pertama diluncurkan pada 2008 lalu. Lantas pembaruan signifikannya terakhir pada 2010 lalu. Setelahnya sempat ada beberapa pembaruan hingga yang paling menonjol pada 2015.

Apple sempat mengeluarkan MacBook Air generasi baru pada 2016, tetapi tak ada perubahan signifikan.   Pada 2017 pun Apple memperbarui prosesor MacBook Air, disesuaikan kebutuhan masyarakat modern.

Beberapa pihak menyebut sudah waktunya MacBook Air tutup usia. Pasalnya, kebanyakan laptop yang beredar di pasaran saat ini mengusung desain tipis yang notabene adalah keunggulan MacBook Air. Apakah MacBook Air 2018 bakal menjadi “game-changing”? Kita tunggu saja.

https://tekno.kompas.com/read/2018/05/05/15564067/macbook-air-2018-bakal-tampil-segar-setelah-8-tahun

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke