Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Apple Investasi Rp 615 Miliar Bangun 3 Sekolah Pemrograman di Indonesia

Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto mengatakan, saat ini satu Apple Developer Academy telah resmi beroperasi di kawasan Bumi Serpong Damai, Tangerang. Rencananya akan ada dua kampus lagi di lokasi lain.

"Nilainya 44 juta dollar AS (sekitar Rp 615 miliar). Mereka janjinya akan bangun tiga (Apple Developer Academy), dua di Pulau Jawa dan satu di Luar Jawa," ujarnya saat ditemui saat meninjau sekolah pemrograman iOS tersebut di Green Office Park 9, Bumi Serpong Damai (BSD), Tangerang, Senin (7/5/2018).

Menurut Airlangga, Apple Developer Academy ini merupakan cara perusahaan untuk memenuhi aturan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN), sebagai syarat untuk bisa menjual produk-produknya di Tanah Air.

Selain itu, pemerintah juga berharap sekolah pemrograman iOS tersebut bakal membantu menghasilkan developer aplikasi handal. Apalagi kebutuhan develoepr juga meningkat seiring dengan revolusi industri 4.0.

"Bagi kita, tentu lulusan ini akan jadi software developer yang bisa bikin program solusi di dalam ekosistem aplikasi Apple," ujarnya.

Pemerintah menarget, satu Apple Developer Academy bisa melahirkan 200 orang ahli pemrograman iOS tiap tahun. Saat seluruh sekolah sudah beroperasi, total ada 600 orang ahli pemrograman yang lahir setiap tahun.

Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara yang turut hadir meninjau Apple Developer Academy pertama, mengatakan bahwa para siswa dan siswi di sekolah pemrograman iOS itu akan dibimbing oleh berbagai mentor handal. Beberapa di antaranya didatangkan oleh Apple dari Brasil, Italia, dan Cupertino.

"Pemerintah sangat serius dalam mengembangkan ekonomi digital, dan salah satu isu adalah telenta. Selama ini soal talenta dunia selalu berasal dari 3B, yaitu Bay Area (Cupertino), Beijing (China), dan Bangalore (India). Semoga B berikutnya dari Bumi Serpong Damai," pungkasnya.

Saat ini, Apple Developer Academy di BSD baru memiliki 75 orang siswa yang merupakan hasil kolaborasi dengan Binus University. Rencananya sekolah tersebut akan menambah siswa dengan membuka pendaftaran untuk umum.

https://tekno.kompas.com/read/2018/05/07/15160097/apple-investasi-rp-615-miliar-bangun-3-sekolah-pemrograman-di-indonesia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke