Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Google Maps Bakal Pandu Jalan Pakai "Augmented Reality"

Dalam konteks lebih besar, Google menyebut peta digital masa depan akan semakin berbasis visual atau diistilahkan “Visual Positioning System” (VPS). VPS menggabungkan teknologi AR, Street View, dan sistem nagivasi Google Maps selama ini.

VPS mengekspansi fungsi standar GPS dan sensor kompas, melibatkan kamera smartphone untuk mengidentifikasi komponen visual di sekitar pengguna. Dengan begitu, navigasi via smartphone bakal terasa lebih nyata dan informatif.

Ketika memasukkan destinasi pada Google Maps dan meminta arahan, pengguna tak lagi melihat peta yang kaku dengan navigator berbentuk titik biru.

Pengguna akan ditampilkan gambar jalan yang sebenarnya, serta informasi seperti restoran dan tempat menarik lainnya sepanjang rute.

Navigatornya adalah karakter animasi yang menggemaskan. Pengguna akan merasa dituntun oleh makhluk nyata, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Kamis (10/5/2018), dari AndroidPolice.

Google Maps berbasis AR sejatinya bukan wacana baru. Raksasa mesin pencari sudah sesumbar soal inovasi itu sejak ajang Google I/O tahun lalu.

Hanya saja, dulu cuma ponsel dengan hardware berbasis Tango yang bisa menjajalnya. Penggunaannya juga terbatas pada area indoor. Kini, VPS 2.0 sifatnya lebih membumi untuk pengguna Android pada umumnya.

Belum jelas kapan Google akan merilis pembaruan Maps dengan VPS. Dalam presentasinya, perwakilan Google hanya menyebut “dalam beberapa bulan ke depan”. Kita tunggu saja.

https://tekno.kompas.com/read/2018/05/10/07210007/google-maps-bakal-pandu-jalan-pakai-augmented-reality-

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.