Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mirip WhatsApp, BlackBerry Siapkan BBM Versi Desktop

Mencoba bertahan dari kikisan ini, Blackberry dikabarkan tengah menyiapkan BBM khusus untuk desktop. Fitur ini dikabarkan masih berada dalam tahap uji coba. BBM versi desktop pun baru bisa digunakan oleh para pengguna Android.

"Kami senang mengumumkan peluncuran BBM Desktop versi beta untuk pengguna Android. Aplikasi ini akan memperluas obrolan mereka sehingga dapat bertukar pesan di seluruh perangkat," tulis pihak Blackberry Messenger dikutip KompasTekno dari CrackBerry, Sabtu (12/5/2018).

Cara penggunaan BBM versi desktop ini sejatinya mirip-mirip dengan WhatsApp Web. Pengguna diminta untuk membuka halaman web.bbmessaging.com pada desktop, kemudian akan muncul QR code yang harus dipindai menggunakan aplikasi BBM pada ponsel.

Pada BBM desktop versi beta ini pengguna dapat menemukan beberapa fitur standar yang sudah banyak diadopsi oleh platform pesan instan lainnya. Seperti misalnya fitur obrolan grup, berbagi file dan data, serta notifikasi terkirim dan dibaca.

Khusus untuk obrolan grup, pengguna dapat membuat sebuah grup dengan batas maksimal 300 anggota. Sama seperti WhatsApp, dalam obrolan grup juga terdapat notifikasi pesan terkirim dan terbaca oleh pengguna lainnya.

Kendati demikian belum diketahui apakah nantinya BBM desktop ini bakal bisa melakukan panggilan video maupun suara. Layanan ini pun baru bisa digunakan oleh sejumlah pengguna terpilih saja.

Blackberry Messenger sendiri saat ini dimiliki sepenuhnya oleh Indonesia. PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (Emtek) menandatangani perjanjian lisensi jangka panjang sejak 2016 lalu.

Layanan pesan instan ini sejatinya telah dipisahkan entitasnya dengan Blackberry. BBM menjadi perusahaan layanan chatting yang mandiri dengan Blackberry selaku korporasi. Operasionalnya pun telah dipisah sejak beberapa tahun ke belakang.

https://tekno.kompas.com/read/2018/05/12/16250037/mirip-whatsapp-blackberry-siapkan-bbm-versi-desktop

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke