Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Melihat Meroketnya Pertumbuhan Xiaomi di Eropa

Hasilnya cukup mengejutkan. Vendor ponsel asal China, Xiaomi berhasil tumbuh signifikan dengan persentase lebih dari 999 persen.

Bahkan karena analis tidak bisa memasukkannya dalam grafik, mereka harus menempatkan simbol "> +999 persen" sebagai gantinya.

Saat ini, Xiaomi sudah menempati peringkat ke-4 dalam pangsa pangsa smartphone di Eropa. Padahal, Xiaomi terbilang merupakan pemain baru di daratan Eropa.Urutan satu sampai tiga dipegang oleh Samsung, Apple dan Huawei dengan jarak yang terpaut cukup jauh dengan Xiaomi.

Saat ini dari hasil riset tersebut tercatat bahwa Samsung mendominasi pasar dengan pangsa pasar sebesar 33,1 persen kemudian diikuti oleh Apple dengan pangsa 22,2 persen.

Di posisi ketiga Huawei mendulang pangsa 16,1 persen kemudian di posisi empat Xiaomi dengan pangsa 5,3 persen dan Nokia di posisi lima dengan persentase 3.5 persen.

Xiaomi memang tengah mendapatkan popularitas yang cukup besar. Di beberapa negara, Xiaomi bahkan bisa merebut tahta tertinggi dari vendor yang sudah lebih lama hadir. Misalnya di India. Xiaomi bisa menaklukkan Samsung dan menggesernya pada posisi kedua.

Karena itulah para analis meramalkan bahwa tidak menutup kemungkinan vendor ini bakal masuk tiga besar menggeser Samsung, Apple, atau pesaing senegaranya yakni Huawei di pasar Eropa.

Bukan tidak mungkin memang, karena jika mengacu pada data yang dirilis Canalys ini terlihat bahwa nilai perkembangan Samsung dan Apple merosot pada kuartal pertama 2018. Sedangkan Huawei dan Xiaomi meningkat tajam.

Kendati demikian, sepertinya masih terlalu prematur untuk memprediksi seperti apa masa depan Xiaomi di Eropa. Karena Eropa memang menjadi pasar di mana Xiaomi masih harus bergerak cepat untuk melakukan penetrasi.

Beberapa waktu lalu, Xiaomi pun baru memperluas wilayah pemasarannya sampai ke Prancis dan Italia. Xiaomi bakal mulai memasarkan ponselnya di Prancis pada 22 Mei mendatang dan di Italia pada 24 Mei 2018.

https://tekno.kompas.com/read/2018/05/13/16330087/melihat-meroketnya-pertumbuhan-xiaomi-di-eropa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke