Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Setahun Dirilis, Facebook Stories Dipakai Berapa Orang?

Tujuh tahun kemudian, Snap yang merupakan induk dari Snapchat, menghadapi titik terendah dan terseok-seok menghadapi Facebook beserta layanan-layanan turunannya. Padahal, mulanya Facebook yang mencaplok ide Snapchat.

Laporan teranyar menyebut pengguna aktif harian, alias daily active user (DAU) Facebook Stories saat ini menyentuh 150 juta orang. Angka itu bisa dibilang masif, mengingat Facebook Stories baru beroperasi sekitar setahun, yakni sejak Maret 2017.

DAU Snapchat memang masih lebih tinggi, yakni 191 juta. Kendati begitu, neraca pertumbuhannya bisa dibilang melambat untuk tak menyebut stagnan.

Pada Desember 2015, Snapchat berhasil menghimpun 110 juta DAU. Dalam kurun waktu tiga tahun, Snapchat hanya mampu menambah 190 juta DAU baru, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Minggu (20/5/2018), dari BusinessInsider.

Jika melihat tren tersebut, tak menutup kemungkinan Facebook Stories pun bakal menyalip Snapchat dalam beberapa bulan ke depan.

WhatsApp Status paling tinggi, disusul Instagram Stories

Sementara itu, DAU WhatsApp Status pun melonjak tinggi, mencapai 450 juta orang di usianya yang kurang lebih baru satu tahun. WhatsApp Stories pertama kali tersedia pada Februari 2017.

Instagram Stories tak kalah agresif dalam pertumbuhannya. Layanan tersebut diluncurkan pada Agustus 2016, dan sekarang sudah menghimpun 300 juta pengguna aktif setiap harinya.

Facebook Stories, WhatsApp Status, dan Instagram Stories, bisa dibilang mencaplok ideologi layanan yang pertama kali diperkenalkan Snapchat. Meski begitu, manajemen dan inovasi Facebook Stories agaknya berhasil membuat netizen beralih.

Apakah setelah ini Snapchat akan kembali menunjukkan dominasinya? Kita tunggu saja.

https://tekno.kompas.com/read/2018/05/20/07342067/setahun-dirilis-facebook-stories-dipakai-berapa-orang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke