Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Google Hapus Moto "Jangan Jahat" bagi Karyawan

Frasa tersebut sudah ada dan disebutkan berulang-ulang dalam pedoman perilaku perusahaan yang dibagikan ke seluruh karyawan sejak 2000 silam (18 tahun). Bahkan lebih dari itu, "Don't be evil" seolah menjelma sebuah mantra yang mengisi hari-hari para pegawai Google atau disebut sebagai Googlers.

Salah satunya adalah pemakaiannya sebagai password WiFi di kendaraan antar-jemput karyawan menuju ke Mountain View.

Namun sekarang, sebagaimana dilansir KompasTekno dari Gizmodo, Senin (21/5/2018), frasa tersebut dihilangkan. Dari seluruh lembaran pedoman perilaku perusahaan, hanya satu kalimat saja yang masih menyebut "Don't be evil". Letaknya pun di bagian penutup.

“Dan ingatlah, jangan berbuat jahat. Dan jika Anda melihat sesuatu yang dirasa tidak benar -laporkan!" Demikian bunyi kalimat tersebut dalam bahasa Indonesia.

Tidak jelas apa yang melatarbelakangi Google berbuat demikian. Yang pasti, hal ini dilakukan setelah belasan karyawan Google mundur, memprotes kebijakan proyek perusahaan.

Sebelumnya, pada 2015, ketika terjadi reorganisasi dan Alphabet berdiri sebagai induk usaha baru Google, moto tak resmi itu sempat mengalami modifikasi kecil. Ada tambahan frasa "do the right thing" atau dalam Bahasa Indonesia artinya "bertindak yang benar" dalam pedoman perilaku tersebut.

Selain adanya tambahan, pedoman perilaku perusahaan masih tetap mempertahankan frasa "Don't be evil" dan mengulangnya dalam beberapa baris kalimat.

Lebih lengkapnya, Anda bisa melihat pedoman perilaku perusahaan Google seperti arsip Wayback Machine pada 21 April 2018, dengan cara klik tautan berikut ini.

Anda juga bisa melihat pedoman perilaku perusahaan Google yang baru, seperti arsip Wayback Machine pada 4 Mei 2018, dengan cara klik tautan berikut ini.

https://tekno.kompas.com/read/2018/05/21/07060007/google-hapus-moto-jangan-jahat-bagi-karyawan

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke