Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sekolah Ini Pantau Siswa Mengantuk dengan Kamera Pintar

Kamera tersebut terhubung dengan software pengenal wajah. Setiap gerak-gerik siswa di SMA 11 Hangzhou, akan dikontrol kamera-kamera tersebut yang terpasang di atas papan tulis kelas.

Sistem pengawasan yang dijuluki "smart eyes" tersebut akan merekam semua data murid-murid, termasuk mood mereka yang dikategorikan dalam beberapa emoji, seperi terkejut, sedih, antipati, takut, atau netral.

Semua data tersebut bisa dibaca langsung oleh guru yang sedang mengajar di kelas secara real-time (saat itu juga). Berkat sistem itu, dilansir KompasTekno dari Gizmodo, Senin (21/5/2018), guru-guru disebut mampu mengukur perhatian siswa.

Para pengajar juga bisa memahami kira-kira bagian pelajaran mana yang kurang mendapat perhatian siswanya. Namun, jika siswa sedang merasa kurang sehat, sistem tersebut diklaim lebih pintar untuk mendeteksinya, bahkan sebelum guru mengetahuinya.

Beberapa siswa mengaku mengubah perilakunya setelah sistem smart-eyes dipasang di kelasnya.

"Sebelumnya, ketika ada kelas yang tidak saya suka, saya jadi malas dan kadang ketiduran di atas meja," aku salah satu murid SMA 11 Hangzhou.

Ia menambahkan, tidak berani tidur di kelas lagi setelah ada kamera terpasang di kelasnya. "Seperti sepasang mata misterius yang terus-terusan mengawasiku", katanya.

Menurut kepala sekolah, Ni Ziyuan, sistem ini telah terpasang sejak Maret 2018 di salah satu kelas, dan akan merata pada musim panas mendatang. Ia berujar jika sistem ini bisa membantu meningkatkan standar pendidikan sekolahnya.

"Ini sama saja seperti guru yang punya asisten, itu (sistem smart-eyes) bisa meningkatkan kualitas pengajaran", ujar Ni.

Kendati demikian, beberapa pihak tak sepenuhnya menyambut baik teknologi kamera ini di sekolah. Beberapa di antaranya berpendapat jika sistem tersebut berpotensi melanggar privasi siswa.

"Ini cuma merekam gerak-gerik murid, bukan merekam aktivitas mereka," kilah Ni.

Bagi siswa yang memperhatikan pelajaran dengan baik, Ni mengatakan akan mendapat nilai A.
Sementara yang ketahuan mengantuk atau kurang memperhatikan, akan mendapat nilai B.

https://tekno.kompas.com/read/2018/05/21/19030087/sekolah-ini-pantau-siswa-mengantuk-dengan-kamera-pintar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke