Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Facebook Gandeng Qualcomm Hadirkan WiFi Cepat di Perkotaan

Proyek bernama Terragraph ini sejatinya telah digarap oleh Facebook sejak tahun 2016 lalu. Proyek ini disebut-sebut dapat menghadirkan konektivitas internet yang lebih cepat dab efisien di wilayah perkotaan yang pada penduduk.

Teknologi Terragraph memancarkan WiFi berkecepatan tinggi yang berada di frekuensi 60 GHz. Jaringan nirkabel tersebut dirancang untuk menyelimuti suatu wilayah urban dan memancarkan koneksi berkecepatan hingga 2,1 Gbps.

Teknologi inilah yang kedepannya bakal disematkan dalam chipset besutan Qualcomm. Sehingga diharapkan akan cukup banyak perangkat yang mendukung WiFi kecepatan tinggi ini di masa depan.

Dalam keterangannya, Vice President Product Management Qualcomm Irvind Ghai mengatakan bahwa kolaborasi dengan Facebook dalam proyek ini akan membawa penetrasi broadband lebih cepat dan besar.

Proyek ini juga menurut Irvind bakal memangkas pengeluaran operator seluler dalam menghadirkan koneksi internet cepat di sebuah wilayah.

"Pengontrol cloud Terragraph dan arsitektur TDMA digabungkan dengan 10 Gbps link rate dari Qualcomm akan menghasilkan konsumsi daya yang rendah, minim gangguan dan membuat koneksi dengan besaran gigabyte ini menjadi kenyataan," ungkap irvind dikutip KompasTekno dari ZDnet, Selasa (22/5/2018).

Teknologi yang dihadirkan Facebook dan Qualcomm akan berbasis pada standar WLAN 802.11ay yang menggunakan frekuensi 60Ghz sehingga akan menghadirkan transmisi hingga 20-40 Gbps dalam jarak sekitar 300-500 meter.

Dalam pengaplikasiannya, raksasa media sosial itu akan memakai teknologi WiGig yang bekerja di frekuensi 60 GHz.

Teknologi WiGig menggunakan frekuensi yang lebih tinggi ketimbang WiFi. Kecepatan transfer data di frekuensi ini memang sangat tinggi, tapi biasanya hanya digunakan oleh dua perangkat yang berada di satu ruangan serupa. Alasannya, frekuensi setinggi ini tidak bisa menembus tembok.

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari Ars Technica, Selasa (22/5/2018), proyek Terragraph ini punya cara berbeda. Teknologi WiGig itu dimodifikasi dengan tambahan antena yang bisa memancarkan sinyal memutari gedung tinggi sehingga bisa diterapkan di daerah urban.

Sekadar informasi, kebanyakan negara masih menghindari pemanfaatan spektrum frekuensi 60 GHz. Pasalnya frekuensi rendah ini sangat sukar menembus halangan seperti dinding atau gedung.

Namun keunggulannya, ketersediaan spektrum pada frekuensi ini sangat luas. Totalnya ada bandwidth seluas 7 GHz yang bisa dimanfaatkan di frekuensi 60 Ghz.

https://tekno.kompas.com/read/2018/05/22/18070047/facebook-gandeng-qualcomm-hadirkan-wifi-cepat-di-perkotaan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke