Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Diusulkan, "Drone" Wajib Pasang Pelat Nomor

Tujuan pemasangan pelat nomor untuk drone adalah untuk memudahkan identifikasi setiap drone yang mengudara.

"Kami harus menjamin jika setiap drone, setiap pesawat tanpa awak yang beroperasi di ruang udara terkendali, mudah dilacak dan diidentifikasi," jelas Acting Administrator FAA, Dan Elwell.
Kebijakan tersebut baru diajukan bulan lalu.

Seblumnya, FAA telah mensyaratkan setiap drone untuk didaftarkan dan memiliki nomor identitas yang ditetapkan pemerintah. Namun, nomor tersebut dapat disembunyikan, misalnya di dalam kompartemen baterai.

Setelah revisi kebijakan baru ini, nomor identitas drone harus berada di luar, sehingga dapat jelas terlihat. FAA sendiri telah lama ingin mendapat kontrol lebih besar untuk mengatur drone.

Apalagi setelah kejadian kecelakaan pesawat pertama yang diakibatkan drone awal tahun lalu. Otoritas penerbangan juga mengkhawatirkan pemanfaatan drone untuk aksi terorisme.

Dirangkum KompasTekno dari Engadget, Jumat (25/5/2018), tahun lalu pemerintah memberlakukan kebijakan bagi pemilik drone seberat 2,2 hingga 25 kilogram, untuk mendaftarkannya ke FAA.

PBB pun mendukung diberlakukannya pendaftaran drone secara terpadu di seluruh dunia. Beberapa bulan lalu, pemerintah AS mengeluarkan kebijakan yang memungkinkan pelacakan hingga penembakan drone sipil agar sah dilakukan oleh penegak hukum.

https://tekno.kompas.com/read/2018/05/25/15080057/diusulkan-drone-wajib-pasang-pelat-nomor

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke