Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Miripnya Bot "Xiaoice" Microsoft dengan Suara Manusia

Selain telepon, Xiaoice juga bisa chatting dengan manusia. Ketika Nadella mendemonstrasikan kemampuan Xiaoice saat menelpon dalam bahasa mandarin, suaranya sangat seluwes suara manusia asli.

Dialnsir KompasTekno dari The Verge, Jumat (25/5/2018), nada mandarin buatan yang diucapkan Xiaoice diklaim sangat jelas. Bot tersebut juga bisa menebak kalimat apa yang akan diucapkan lawan bicaranya, dan meresponnya lebih cepat.

Raksasa software yang berbasis di Redmond ini mengembangkan Xiaoice di China. Nadella mengungkapkan, Xiaoice bisa diakses warga China melalui platform WeChat atau layanan pesan instan populer lain. Microsoft sengaja merancang Xioaice lebih "manusiawi".

"Xiaoice punya acara TV sendiri, ia bisa menulis puisi, dan melakukan banyak hal menarik. Ia mirip selebriti" kelakar Nadella.

Seringnya, Xiaoice berkomunikasi dengan teman manusianya via pesan singkat. Tapi Microsoft mulai membuatnya untuk bisa berkomunikasi secara verbal dengan manusia asli melalui telepon.

Sekilas, Xiaoice mirip dengan Duplex buatan Google yang diperkenalkan dalam acara Google I/O 2018 lalu. Tapi ternyata berbeda. Duplex, yang merupakan asisten AI Google, bisa membuat telepon mengatas namakan penggunanya, alih-alih menelpon "majikannya".

Sementara Xiaoice akan berinisiatif menelpon penggunanya, jika sang pengguna mengirim pesan teks ke Xiaoice via WeChat.

"Jadi, Xiaoice dapat bercakap dengan Anda di WeChat dan berhenti, lalu menelepon Anda. Kemudian Anda cukup bicara denganya melalui suara," jelas Nadella.

Belum diketahui apakah Microsoft akan membawa Xiaoice keluar China atau tidak. Microsoft juga tidak menyebut jika teknologi ini akan disematkan ke produk softwarenya. Fasihnya Xiaoice ketika bercakap dalam bahasa mandarin, bisa disaksikan dalam video berikut.

https://tekno.kompas.com/read/2018/05/25/18030397/miripnya-bot-xiaoice-microsoft-dengan-suara-manusia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke