Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Melacak Nomor IMEI di Perangkat Android

Nomor tersebut biasanya berada di bodi perangkat bagian dalam, seperti baterai. IMEI juga bisa dicek melalui menu "about device" (tentang perangkat) di ponsel atau bisa pula dengan mengetik kombinasi nomor *#06#.

Namun, bagaimana jadinya jika ponsel kita hilang dan belum sempat mencatat nomor IMEI Khusus untuk ponsel Android, Google telah melakukan pembaruan aplikasi "Find My Device" untuk bisa melacak nomor IMEI di ponsel yang hilang.

Dalam pembaruan versi 2.2, pengguna smartphone Android bisa melacak nomor IMEI ponselnya, lengkap dengan tanggal pendaftaran IMEI dan kapan terakhir dilihat.

Setelah melakukan pembaruan aplikasi "Find My Device" di Play Store, ketuk ikon "i" yang merujuk pada informasi perangkat.

Di dalamnya akan terpampang jenis perangkat dan nomor IMEI, serta pendaftaran pertamanya, sebagaimana KompasTekno rangkum dari 9to5 Google, Senin (28/5/2018).

Perlu diingat agar smartphone bisa terlacak, GPS dan koneksi internet dalam keadaan aktif serta perangkat tidak dalam keadaan mati.

Setelah mendapat nomor IMEI, pengguna bisa melacaknya ke gerai operator seluler untuk melacak ponsel atau melakukan pemblokiran. Nomor IMEI digunakan operator seluler untuk mengidentifikasi perangkat yang terdaftar pada jaringan mereka.

Pelacakan ponsel juga bisa dilakukan langsung melalui aplikasi Find my Device langsung. Pengguna Android bisa melakukan beberapa aksi setelah mendapati ponselnya raib melalui Find my Device. Misalnya membunyikan ponsel dari jarak jauh, mengunci layar perangkat atau mengahapus semua data di ponsel sekaligus.

https://tekno.kompas.com/read/2018/05/28/08590097/cara-melacak-nomor-imei-di-perangkat-android

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke