Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Menguji Sinyal Telkomsel di 3 Objek Wisata Kota Batu Malang Jelang Lebaran

Salah satu yang kami uji adalah operator seluler Telkomsel. Sebelumnya selama perjalanan ke Kota Apel ini, kami pun melakukan pengujian untuk operator pelat merah ini dan hasilnya cukup positif.

Telkomsel jadi operator dengan jangkauan jaringan 4G yang paling konsisten. Bahkan ada beberapa titik yang sudah terjangkau 4G+.

Kami melakukan pengujian dengan dua cara yakni menggunakan aplikasi nPerf dan Ookla Speedtest untuk mendapat data teknis, serta menguji lewat sudut pandang pengalaman pengguna yakni dengan streaming video 720p, streaming musik, browsing dan bermain game online.

Kami pun mengambil beberapa objek wisata tersebut dengan asumsi bahwa pada saat libur lebaran nanti, objek-objek wisata tersebut akan ramai disambangi pengunjung. Sehingga, sangat layak untuk menguji bagaimana kondisi jaringan operator seluler khususnya Telkomsel di sana.

Berikut ini adalah hasil pengujian yang dilakukan tim KompasTekno.

Museum Angkut

Objek pertama yang kami sambangi adalah Museum Angkut di Kota Batu, Malang. Museum ini berlokasi tak jauh dari pusat kota, sehingga cukup mudah untuk kami jangkau.

Wilayah museum ini cukup luas sehingga kami harus mencoba untuk melakukan pengetesan dari titik tengah Museum Angkut.

Di museum ini, pertama-tama kami melakukan pengujian lewat aplikasi nPerf. Di dalam museum, jaringan seluler secara konsisten menunjukkan indikator 4G di semua titik.

Dengan kecepatan ini, tidak ada buffer yang terjadi saat kami coba untuk streaming video kualitas HD 720p. Video bisa berjalan lancar tanpa tersendat sedikitpun.

Begitu juga dengan streaming musik dan browsing. Semua bisa dijalankan dengan sempurna tanpa ada kendala. Bahkan kami mencoba untuk menyalakan Spotify selama lebih dari 20 menit dan tidak terjadi buffer sedikit pun.

Dari hasil pengujian lewat aplikasi Speedtest, angka download yang didapat justru lebih besar yakni 75,4 Mbps dan angka upload 35,1 Mbps. Dari hasil pengujian Speedtest didapatkan juga angka latency yang rendah yaitu 17 ms.

Dengan angka latency ini, bermain Mobile Legends maupun PUBG bisa dilakukan dengan lancar tanpa khawatir terjadi lag.

Batu Secret Zoo

Objek wisata kedua yang kami kunjungi adalah Batu Secret Zoo. Di sini kami pun melakukan pengujian yang serupa dengan sebelumnya.

Di titik ini saat kami mencoba menguji lewat aplikasi nPerf, kami menemukan sedikit kendala untuk terhubung dengan server. Beberapa kali kami mencoba dan hasilnya sama padahal sinyal menunjukkan titik ini berada dalam wilayah 4G+.

Meski kami tak bisa menguji lewat nPerf, bukan berarti jaringan di sini tak bagus. Buktinya, lewat aplikasi Speedtest kami mendapat angka download yang sangat tinggi yakni 98,1 Mbps dan angka upload mencapai 33,4 Mbps.

Artinya di titik ini Anda bisa mengunduh file sebesar 1 GB dengan waktu kurang dari 30 detik saja.

Angka latency pun sangat stabil berada di 31 ms. Sehingga meski Anda bermain game online sambil berpindah tempat, Anda tak perlu khawatir akan terjadi lag atau gerakan patah-patah.

Batu Night Spectacular

Titik terakhir yang kami kunjungi adalah Batu Night Spectacular. Objek wisata ini lokasinya cukup berdekatan dengan Batu Secret Zoo. Dari jarak yang terbilang dekat ini, mulanya kami berharap kecepatan internet yang didapat akan sebanding dengan lokasi sebelumnya.

Dari hasil pengecekan nPerf, angka download rata-rata yang kami dapatkan adalah sebesar 88,43 Mbps dan kecepatan upload rata-rata mencapai 33,01 Mbps. Hasil ini hampir setara dengan jaringan 4G+ yang kami dapati pada titik sebelumnya.

Aplikasi Speedtest pun menunjukkan angka yang serupa. Kecepatan download di lokasi ini mencapai 78,9 Mbps dan kecepatan upload mencapai 40,9 Mbps.

Bahkan kami pun sempat mengunduh beberapa aplikasi dengan ukuran yang besar. Proses pengunduhan ini hanya memakan waktu beberapa menit saja.

Kesimpulan

Di tiga objek wisata ini Telkomsel sudah sepenuhnya siap menghadapi libur lebaran.

Dari hasil pengujian yang kami lakukan, jaringan operator seluler ini secara konsisten berada pada kecepatan 4G, bahkan 4G+.

Saat dihubungi KompasTekno beberapa waktu sebelumnya, Telkomsel sendiri menyatakan kesiapannya dalam menghadapi lonjakan trafik di libur lebaran tahun ini.

Menurut Andreas Indra, Vice President Network Operation Management, Telkomsel menambah kapasitas jaringan pada 579 BTS 4G dan mengoperasikan 73 mobile BTS, termasuk untuk wilayah rest area.

"Kapasitas gateway internet ditambah 66 persen dari kapasitas existing, menjadi 3,288 Gbps," ujar Andreas.

https://tekno.kompas.com/read/2018/06/04/11420037/menguji-sinyal-telkomsel-di-3-objek-wisata-kota-batu-malang-jelang-lebaran

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke