Salin Artikel

Peluncuran iPhone 9 Mundur Gara-gara Poni?

Dua jenis iPhone OLED dikatakan sudah siap diproduksi massal, dan bakal meluncur sesuai jadwal, yakni pada September 2018. Sementara itu iPhone berlayar LCD bakal tertunda dua bulan, yakni hingga November 2018.

Setidaknya begitu menurut rumor yang beredar di kalangan internal industri. Produsen layar untuk iPhone kali ini (kemungkinan bertajuk iPhone 9) adalah JDI dari Jepang dan LG Display dari Korea Selatan.

Kedua produsen layar tersebut menurut sumber dalam, menemui tantangan dalam memproduksi panel LCD yang menyesuaikan dengan desain poni atau notch pada iPhone 9.

Pasalnya, pada tahun lalu, iPhone X dengan notch dimungkinkan oleh layar jenis OLED yang notabene lebih fleksibel. Jika Apple memproduksi iPhone LCD dengan poni, tentu tantangannya bakal lebih berat.

“Ada masalah dalam proses produksi, salah satunya masalah kebocoran cahaya karena penerapan desain notch. Diharapkan produksi massal (untuk iPhone LCD) dimungkinkan pada akhir tahun,” kata analis industri, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Selasa (5/6/2018), dari PhoneArena.

Penundaan seperti ini agaknya sudah lumrah. Pada tahun lalu, Apple juga lebih dulu merilis iPhone 8 dan 8 Plus pada September 2018. Dua bulan kemudian, pada 3 November 2018, barulah Apple memperkenalkan iPhone X.

Menurut asumsi analis, iPhone 9 dengan layar LCD bakal terjual sekitar 30 juta hingga 40 juta unit karena terjadi penundaan rilis. Sementara itu, iPhone dengan layar OLED diprediksi akan terjual hingga 75 juta unit.

Rumor soal iPhone LCD dengan notch belum dibenarkan Apple. Penundaan perilisan pun belum diiyakan. Kita tunggu saja hingga iPhone 2018 benar-benar diperkenalkan ke khalayak.

https://tekno.kompas.com/read/2018/06/05/07080017/peluncuran-iphone-9-mundur-gara-gara-poni-

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.