Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Efek Registrasi Prabayar bagi Operator Baru Terasa di Kuartal II-2018

"Dampaknya pada kinerja di kuartal I-2018 belum terlalu terasa. Tapi di kuartal II-2018 (kinerjanya) jadi lebih soft karena bulan April kemarin nomor yang tidak registrasi itu mulai dimatikan. Mau bayarnya jutaan per bulan pun tetap dimatikan," jelasnya saat ditemui di sela acara buka bersama di Jakarta, Senin (5/7/2018).

Dian sendiri optimis dampak registrasi prabayar yang akan dirasakan nanti hanyalah sementara. Pada akhirnya, akan ada perubahan perilaku pelanggan yang berpengaruh positif terhadap kinerja perusahaan.

Salah satunya, perilaku pakai-buang akan mulai menghilang. Pengguna akan lebih setia pada satu kartu SIM dan lebih memilih melakukan isi ulang ketimbang hanya membeli kartu SIM di masa promosi.

Average Revenue per User (ARPU) diperkirakan meningkat. Di sisi lain, produksi kartu SIM juga akan berkurang sehingga membuat operasional operator lebih hemat.

"Impact dari registrasi prabayar ini hanya jangka waktu pendek, sampai nanti behaviour kembali stabil. Kebutuhan telekomunikasi orang kan tidak berkurang. Demand tidak berkurang," jelas Dian.

Sebelumnya, dalam laporan kinerja keuangan kuartal I-2018, XL menyatakan meraup pendapatan Rp 5,5 triliun atau tumbuh 4 persen year on year (YoY). Namun di sisi lain, laba bersih perusahaan tercatat anjlok 67 persen YoY.

XL hanya mengantongi laba bersih Rp 15 miliar pada kuartal I-2018, dibandingkan Rp 47 miliar pada kuartal I-2017.

90 persen registrasi

Dian menambahkan perusahaan juga telah cukup lama melakukan antisipasi terhadap registrasi prabayar. Hasilnya, jumlah pelanggan yang melakukan registrasi ulang cukup tinggi, yakni mencapai lebih dari 90 persen.

"Dari sekitar 54,5 juta pelanggan, 49 juta sudah registrasi ulang. Jadi di atas 90 persen yang kembali," ujarnya.

https://tekno.kompas.com/read/2018/06/05/11410047/efek-registrasi-prabayar-bagi-operator-baru-terasa-di-kuartal-ii-2018

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke