Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

iPhone Bakal Pakai Teknologi Kamera Google Pixel?

Google punya cara sendiri untuk bersaing dengan fitur bokeh dari berbagai kelas smartphone yang berbekal kamera ganda.

Tampaknya, cara tersebut akan diadopsi oleh iPhone generasi selanjutnya. Apple kabarnya sedang mendaftarkan paten untuk membuat cara kerja kamera tunggal serupa dengan fitur dual lensa.

Paten tersebut bernama "image sensing with in-pixel depth sensing", yang memungkinkan sensor tunggal dapat meniru beberapa mode yang berbeda. Teknologi ini telah digunakan sebelumnya di lini Google Pixel 2 dan Pixel 2 XL.

Gagasan yang tertera dalam paten tersebut adalah menempatkan dua photodetector dalam setiap piksel. Ketika dikombinasikan, sensor akan mampu mendeteksi detail informasi tertentu yang memungkinkan kamera untuk membuat kembali berbagai macam efek seperti efek bokeh.

Sebagai tambahan, set-up kamera nantinya juga akan mendukung format HDR. Vendor asal Cupertino, AS ini agaknya tidak ingin menarik keputusannya menyematkan modul kamera ganda di belakang perangkat yang kemudian menjadi tren di smartphone flagship hingga mid-range Android.

Kemungkinan, teknologi kamera ini akan memperkuat kualitas kamera depan. Dengan begitu, dirangkum KompasTekno dari Phone Arena, Selasa (23/6/2018), Apple tidak perlu memperlebar "notch" untuk menyematkan satu lagi lensa di depan.

Sebenarnya, paten ini merupakan kelanjutan paten yang diusulkan Apple tahun 2013 lalu, sehingga kemungkinan fanboy Apple tidak akan mendapati teknologi ini dalam waktu dekat. Teknologi kamera ini diprediksi baru akan disematkan di iPhone generasi tahun 2019 atau 2020.

https://tekno.kompas.com/read/2018/06/12/13020097/iphone-bakal-pakai-teknologi-kamera-google-pixel-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke