Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Resmi, Oppo Find X Bebas Notch dan Pakai Kamera Geser Tersembunyi

Di atas panggung peluncuran, Vice President Oppo, Anyi Jiang mengatakan, "Karena produk teknologi yang bagus itu tidak ada batasnya, malam ini kami akan memperkenalkan produk teknologi dengan inovasi terbaru."

Sesuai rumor, Oppo Find X hadir dengan kamera tersembunyi di balik layar, baik kamera depan maupun belakang.

“Seri Find akhirnya kembali. Dengan bangga saya memperkenalkan Find terbaru, Find X,” kata petinggi Oppo Michael Tran, sambil memamerkan smartphone Find X untuk kali pertamanya di atas panggung acara peluncuran.

Kedua kamera Oppo Find X akan muncul di bagian atas perangkat dengan mekanisme geser otomatis. Cara kerja kemunculan kamera ini merupakan yang pertama diterapkan di dunia smartphone global.

Konfigurasi kamera tersembunyi di Find X membuat layar dan punggungnya menjadi "bersih". Layar berukuran 6,4 inci Oppo Find X bersih dari komponen kamera, saat tidak digunakan untuk memotret.

Layarnya pun terlihat luas karena tak ada notch di dahinya yang biasanya dijadikan area untuk meletakkan kamera depan. Dari belakang, ponsel terbaru Oppo ini pun terlihat "bersih", seakan tidak dibekali kamera sama sekali.

Berkat kamera depan yang tersembunyi dan bezel yang tipis, Oppo Find X bisa memiliki rasio layar berbanding bodi sebesar 93,8 persen. Rasio layarnya sendiri adalah 19,5:9 dengan resolusi 2.340 x 1080 piksel.

Untuk pertama kalinya, Oppo mengusung konsep layar dual-edge-curved alias melengkung pada kedua sisinya di seri Find X. Bentuk layar seperti ini sejak lama diterapkan Samsung pada lini smartphone kelas atasnya.

Spesifikasi Oppo Find X

Untuk spesifikasi kamera, Oppo Find X punya kamera utama berlensa ganda beresolusi 20 megapiksel dengan LED flash (f/2.0) dan 16 megapiksel (f/2.2)

Sementara kamera depan, Oppo tetap mempertahankan cirinya sebagai selfie expert dengan membekali Find X sensor besar 25 megapiksel (f/2.0).

Oppo Find X mengandalkan "jeroan" Qualcomm Snapdragon 845. Sedangkan, kapasitas RAM dan memori Oppo Find X terbilang luar biasa untuk tren saat ini, dengan perpaduan RAM 8 GB dan penyimpanan 256 GB.

Oppo Find X ditunjang dengan baterai 3.730 mAH yang dilengkapi teknologi pengecasan cepat, VOOC buatan Oppo.

Dari sisi keamanan perangkat, Oppo meniadakan pemindai sidik jari pada Oppo Find X. Sebagai pengganti, Oppo Find X menggunakan O-Face yang menggunakan teknologi 3D Camera pada kamera depannya. Metode keamanan ini diklaim Oppo lebih aman ketimbang fingerprint scanner.

Fitur andalan lainnya dari lini Oppo Find X adalah 3D Smart Selfie. Fitur ini memanfaatkan teknologi O-Face Recognition yang juga dipakai untuk fitur keamanan pendeteksi wajah via 3D Camera.

Untuk urusan konektivitas, Oppo Find X menanggalkan colokan earphone 3,5 mm. Penggantinya, pengguna bisa menggunakan adapter khusus via port USB atau secara nirkabel menggunakan Bluetooth.

Belum diketahui harga dan ketersediaan Oppo Find X. Namun, pihak Oppo Indonesia memastikan Oppo Find X bakal dijual resmi di Tanah Air.

https://tekno.kompas.com/read/2018/06/20/02302907/resmi-oppo-find-x-bebas-notch-dan-pakai-kamera-geser-tersembunyi

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke