Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

8 Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Membeli Oppo Find X

Dengan banderol tersebut, apa saja yang ditawarkan Oppo Find X? Berikut 8 informasi yang perlu diketahui seputar ponsel Oppo Find X, terutama untuk Anda yang berminat membelinya.

1. Kamera geser

Tampak depan dan belakang Oppo Find X terlihat polos, tak ada tampilan kamera sama sekali. Namun bukan berarti Find X tidak punya kamera untuk memotret. Kamera Find X tersembunyi di balik badannya.

Oppo Find hanya tampil polos tanpa kamera saat sedang tidak digunakan untuk memotret atau merekam video.

Oppo Find X menerapkan mekanisme pop-up otomatis (motorized) untuk kamera. Ketika pengguna membuka aplikasi kamera atau membuka ponsel, modul kamera akan menyembul dengan sendirinya dari sisi atas perangkat.

Setelah menutup aplikasi kamera, modul kamera yang memuat kamera depan dan kamera belakang itu secara otomatis kembali tersembunyi di bodi ponsel.

Proses buka-tutup modul kamera pop-up Oppo Find X ini diklaim hanya membutuhkan waktu 0,5 detik. Cara kerja dan penempatan kamera di Find X ini merupakan yang pertama diterapkan di industri smartphone global.

Selain kamera depan, kamera belakang Oppo Find X juga disembunyikan dengan mekanisme pop-up yang sama. Unit dual-camera di punggung Oppo Find X masing-masing memiliki resolusi 16 megapiksel (f/2.2) dan 20 megapiksel (f/2.0).

2. Bebas notch/poni

Find X bebas dari desain poni atau notch yang biasa ada di ponsel bezel-less lain. Tombol Home yang biasa tersemat di ponsel Oppo pun menghilang dari Find X.

Layar Oppo Find X tampak "bersih".  Ini karena dua komponen, yaitu modul kamera depan dan speaker telepon, yang biasa terletak pada notch, disembunyikan di balik layar.

Selain itu, Oppo Find X memiliki bingkai atau bezel yang cukup tinggi. Kombinasi bebas notch, tombol home, dan bingkai tipis ini membuat Oppo Find X memiliki "wajah" yang nyaris sepenuhnya layar.

Rasio layar berbanding bodi dari Find X mencapai 93,8 persen. Angka ini bisa dibilang merupakan yang terbesar untuk smartphone keluaran terbaru. Saingan terdekat Find X adalah Vivo Nex yang memiliki aspect ratio to body sebesar 91,2 persen.

3. Layar mirip Galaxy S9

Oppo Find X memiliki layar yang melengkung pada sisi kiri dan kanan. Ini untuk pertama kalinya, Oppo mengusung konsep layar dual-edge-curved alias melengkung pada kedua sisinya di seri Find X.

Bentuk layar seperti ini sejak lama diterapkan Samsung pada lini smartphone kelas atasnya, terakhir di Galaxy S9 dan S9 Plus. Kabarnya, komponen layar Oppo Find X memang dipasok khusus oleh Samsung.

Penggunaan layar lengkung di pinggiran perangkat smartphone disebut untuk menciptakan kenyamanan saat digenggam.


4. Hardware kelas atas

Oppo Find X mengandalkan “otak” termutakhir Qualcomm, yaitu Snapdragon 845 dengan clock speed 2,8 GHz dan chip grafis Adreno 630. Sedangkan, kapasitas RAM dan memori Oppo Find X terbilang sangat besar untuk tren saat ini, dengan perpaduan RAM 8 GB dan penyimpanan 256 atau 512 GB.

5. Tidak punya fingerprint scanner

Seperti iPhone X, Oppo Find X tidak punya fitur keamanan fingerprint scanner dan memilih teknologi pemindai wajah tiga dimensi.

Mirip seperti iPhone X, O-Face menggunakan flood illuminator, infra red camera, proximity sensor, dot projector, receiver, dan RGB camera.

Find X merupakan smartphone Android kedua, setelah Mi 8 Explorer, yang menggunakan fitur keamanan pengenal wajah 3D ini. iPhone X merupakan ponsel pertama yang menerapkan fitur keamanan model ini.

Metode keamanan ini diklaim Oppo lebih aman ketimbang fingerprint scanner. Oppo menyebut, rata-rata tingkat kesalahan sensor sidik jari mencapai 1/50.000, sementara 3D Structured Light di O-Face diklaim lebih sedikit yaitu 1/1.000.000.

6. Jack audio 3,5 mm diganti USB-C

Untuk urusan konektivitas, Oppo Find X menanggalkan colokan earphone 3,5 mm. Untuk mendengar musik atau menelepon, pengguna bisa menggunakan adapter khusus via port USB-C, atau secara nirkabel menggunakan Bluetooth.

7. Tidak ada slot microSD

Find X tidak memberikan opsi upgrade kapasitas penyimpanan data yang biasa menggunakan kartu microSD. Oppo sepertinya yakin storage Find X sudah cukup memenuhi kebutuhan penggunanya.

Oppo Find X memang memiliki storage yang cukup besar, yaitu 256 GB atau 512 GB untuk versi khusus Lamborghini.

8. Harga dan ketersediaan di Indonesia

Di Eropa, banderol harga Oppo Find X dipatok sebesar 999 euro (sekitar Rp 16,3 juta rupiah). Belum ada informasi harga Find X di Indonesia.

Pihak Oppo Indonesia hanya menginformasikan, harga Find X di tanah air kemungkinan besar akan lebih murah ketimbang banderol di Eropa.

“Jika dilihat dari kebiasaan Oppo meluncurkan di luar (Indonesia), harga di Indonesia biasanya lebih murah,” ujar PR Manager Oppo Indonesia Aryo Medianto saat ditemui usai peluncuran Find X di Paris, Perancis, Selasa (19/6/2018).

Aryo mengatakan, Oppo Find X sudah bisa dipesan di Indonesia mulai Juli mendatang. Penjualan perdananya akan digelar di tanah air pada Agustus 2018.

Update 18 Juli 2018: Resmi Masuk Indonesia, Ini Harga Oppo Find X di Indonesia

https://tekno.kompas.com/read/2018/06/21/09450007/8-hal-yang-perlu-diketahui-sebelum-membeli-oppo-find-x

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke