Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Microsoft Luncurkan Fitur Pencarian Lewat Foto Mirip Google Lens

KOMPAS.com - Untuk pencarian berbasis teks di dunia maya, tak perlu diragukan lagi, Google rajanya. Tapi Microsoft melihat peluang lain untuk jadi jagoan pencari berbasis gambar.

Raksasa teknologi yang dikepalai Satya Nadella ini meluncurkan fitur bernama Visual Search yang terintegrasi dengan Bing, Microsoft Launcher dan Microsoft Edge. Dengan fitur ini, pengguna bisa mencari informasi di dunia maya lewat foto atau gambar tertentu.

Fitur ini sudah mulai diluncurkan secara bertahap di wilayah Amerika Serikat. Untuk saat ini, fitur Visual Search baru tersedia dalam aplikasi Bing, Microsoft Launcher (hanya Android) dan Microsoft Edge untuk Android. Sementara untuk iOS akan dirilis dalam beberapa waktu mendatang.

Dikutip KompasTekno dari Engadget, Jumat (22/6/2018), Visual Search sejatinya dibuat berdasarkan kemampuan Intelligent Search yang dimiliki Bing sejak akhir tahun 2017 lalu.

Sesuai dengan namanya, kemampuan ini menggunakan kecerdasan buatan alias Artificial Intelligence (AI) dalam mengumpulkan informasi sesuai dengan kata kunci yang masukkan oleh pengguna.

Perbedaannya jika Intelligence Search hanya berbasis teks seperti Google, Visual Search mampu mengidentifikasi gambar dan menampilkan informasi terkait yang relevan.

"Sebagai contoh, bayangkan ketika Anda melihat sebuah landmark atau setangkai bunga dan ingin mempelajari lebih lanjut soal objek tersebut. Ambil saja gambarnya lewat salah satu aplikasi ini dan Bing akan memberi Anda informasi lebih banyak untuk dieksplorasi," tulis Microsoft pada blog resminya.

Kemampuan visual search seperti ini sejatinya bukan yang pertama. Google pun punya lewat aplikasi Google Lens yang bisa diunduh pengguna Android. Namun perbedaannya, visual search yang dimiliki Google hanya bisa dilakukan lewat aplikasi Google Lens.

Sedangkan visual search milik Microsoft bisa dilakukan lewat beberapa cara yakni lewat aplikasi Bing, lewat situs Bing secara langsung, dan lewat browser Microsoft Edge.

https://tekno.kompas.com/read/2018/06/23/09223037/microsoft-luncurkan-fitur-pencarian-lewat-foto-mirip-google-lens

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke