Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ponsel Android Go Samsung Jalani Pengujian

Menurut sumber dalam, Samsung tengah menguji coba smartphone dengan Android Go. Perangkat dengan nama kode “SM-J260G” itu digadang-gadang akan hadir sebagai “Samsung Galaxy J2 Core”.

Kabarnya, ponsel ini akan dijual di pasaran terbatas, antara lain di India, Nepal, Bangladesh, dan Sri Lanka. Belum jelas apakah Indonesia akan menjadi negara sasaran juga atau tidak.

Berdasarkan bocoran benchmark, SM-J260G ini hadir dengan prosesor berkode “Universal7570_Go”. Kapasitas RAM-nya 1 GB dan sistem operasinya Android Oreo 8.1 versi Android Go.

Selain SM-J260G, ada varian lain yang serupa dengan nama kode “SM-J260F” dan “SM-J260M”. Masing-masing pun tengah diuji coba di beberapa pasar berbeda, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Senin (25/6/2018), dari GadgetsNow.

SM-J260F dites di Inggris, Uzbekistan, Jerman, Italia, Ukraina, Rusia, Kazakhstan, Perancis, dan Polandia. Sementara SM-J260M diuji di Singapura, Kamboja, Thailand, Singapura, Malaysia, dan Vietnam.

Perlu diketahui, informasi ini baru berasal dari bocoran. Belum ada pernyataan resmi dari Samsung. Benar atau tidaknya, kita lihat saja nanti.

Android Go adalah inisiatif Google untuk meningkatkan penetrasi smartphone di negara-negara berkembang. Sistem operasi itu menyasar ponsel murah dengan performa yang tak kalah hebat.

“Blackview A20” adalah ponsel pertama yang berjalan dengan sistem operasi Android Go. Selanjutnya, Samsung juga dikabarkan bakal memperkaya ekosistem Android Go.

Android Go sendiri merupakan sistem operasi yang ditujukan untuk perangkat low-end. Sesuai fungsinya, meski sudah berbasis Oreo, sistem operasi ini didesain untuk berjalan optimal pada smartphone dengan RAM 512 MB atau  1GB.

Nokia pun sudah mengumumkan perangkat anyarnya yang berjalan dengan sistem operasi Android Go yakni Nokia 1. Kemudian beberapa vendor lain seperti ZTE dan Alcatel juga bakal merilis ponsel serupa.

https://tekno.kompas.com/read/2018/06/25/10340077/ponsel-android-go-samsung-jalani-pengujian

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke