Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Smartphone 5G Huawei Dijadwalkan Hadir Tahun Depan

CEO Huawei Eric Xu mengungkap rencana tersebut saat bicara dalam acara Mobile World Congress Shanghai 2018. Menurut dia, solusi komersil 5G serta chip smartphone yang mendukungnya diprediksi bakal mulai rilis pada Maret tahun depan.

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari Phone Arena, Jumat (29/6/2018), setelah perilisan kedua teknologi itu, maka pada Juni sudah bisa dilihat meluncurnya smartphone yang mendukung 5G.

Dalam konteks Huawei, smartphone yang pertama kali bakal mendapat dukungan 5G ini kemungkinan dari segmen kelas menengah. Pasalnya, ponsel flagship generasi berikutnya dari Huawei -sebut saja P30- berada di timeline yang berbeda dan kemungkinan rilis lebih dulu tanpa dukungan 5G.

Huawei juga diperkirakan akan menyematkan chip 5G itu di smartphone seri Mate 30. Hal ini kemungkinan besar bisa terwujud karena Mate 30 memang direncanakan memakai chipset Kirin 1020 yang sudah mendukung 5G. Hanya saja peluncurannya baru dilakukan di sekitar Oktober 2019.

Sekarang Huawei tengah melakukan finalisasi terkait masalah latensi rendah dan konektivitas jaringan 5G. Kemungkinan semua hal itu akan seelsai diperbaiki pada akhir 2018.

Untuk diketahui, 5G merupakan standar teknologi komunikasi seluler yang memberikan kecepatan akses internet lebih kencang dari 4G. Sinyal 5G bisa dipancarkan di frekuensi 600 MHz hingga 6 GHz.

https://tekno.kompas.com/read/2018/07/01/12510097/smartphone-5g-huawei-dijadwalkan-hadir-tahun-depan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke