Salin Artikel

Apple Siapkan Pembaruan Besar untuk Aplikasi Peta Buatannya

Menyadari kekurangan tersebut, Apple mengerjakan berbagai perbaikan untuk Maps. Tak tanggung-tanggung, perusahaan berlambang buah apel tergigit ini mengatakan empat tahun terakhir dihabiskan untuk merombak Maps.

Caranya adalah dengan mengumpulkan data dari para pengguna iPhone dan menggunakan armada mobil pemetaan yang dijejali aneka macam sensor dan kamera, mirip mobil serupa milik Google Maps.

“Kami ingin membawa ini (Maps) ke tingkat berikutnya, dengan membangun data dari awal,” ujar Senior Vice President Apple Eddy Cue yang kini ditugasi menangani Maps, dalam wawancara yang dirangkum KompasTekno dari TechCrunch, Selasa (3/7/2018).

Untuk menjaga privasi, data pemetaan yang diambil oleh mobil Apple dienkripsi, lalu artificial intelligence dipakai untuk memburamkan wajah orang dan pelat nomor kendaraan yang tertangkap kamera. Apabila ada data peta yang terlihat tidak wajar, Apple mengirim tim untuk mengecek lokasi.

Sejauh ini mobil peta Apple sudah terlihat berlalu lalang di Amerika Serikat dan Inggris. Namun belum jelas ke negara mana lagi mobil-mobil tersebut akan bertandang. Google sudah lebih dulu melakukan hal serupa, termasuk ke pelosok-pelosok jalan di Indonesia.

Dengan demikian, Apple berupaya menggunakan data pihak pertama yang dikumpulkannya sendiri untuk membangun ulang Maps.

Namun, laporan lain yang dilansir Reuters mengatakan perusahaan itu masih akan memakai data peta pihak ketiga dari TomTom. Tidak diketahui sejauh mana Apple memakai data peta TomTom di Apple Maps baru nanti.

Aneka data yang dikumpulkan tadi diklaim bakal membuat Apple Maps lebih detil dan akurat, termasuk dalam hal menampilkan informasi jalan dan lokasi, serta landskap dan ukuran bangunan, di samping mampu memampilkan hasil pencarian yang lebih relevan.

Apple Maps juga bakal lebih responsif terhadap perubahan di peta, misalnya ketika ada jalan yang ditutup karena diperbaiki.

Rencananya Apple Maps versi baru ini akan meluncur bersama dengan iOS 12 beta berikutnya. Semua versi iOS sebelumnya akan menyusul mendapatkan update Maps serupa.

https://tekno.kompas.com/read/2018/07/03/06540017/apple-siapkan-pembaruan-besar-untuk-aplikasi-peta-buatannya

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.