Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Stylus Galaxy Note 9 Punya Koneksi Bluetooth?

Indikasinya ada di situs otoritas telekomunikasi Amerika Serikat, Federal Communications Commission (FCC), yang belakangan menampilkan dokumentasi untuk perangkat nirkabel berkode "EJ-PN960".

Sang perangkat dideskripsikan sebagai "pena stylus". Lalu, dari akhiran angka "960" dalam kodenya, bisa diduga bahwa ia tak lain merupakan stylus pelengkap Galaxy Note 9 yang diketahui berkode SM-N960.

Lalu, untuk apa konektivitas bluetooth pada stylus Galaxy Note 9? Dokumen FCC tak menerangkan skenario penggunaan perangkat dimaksud sehingga memunculkan berbagai spekulasi di internet.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari The Next Web, Rabu (4/7/2018), ada yang menduga bahwa S Pen Galaxy Note 9 bakal bisa digunakan mengontrol musik dari jauh. Ada juga yang berharap tombol tipis yang biasanya hadir di sisi S Pen bakal bisa dipakai sebagai remote untuk menjepret kamera.

Pena digital milik seri Galaxy Note model sebelumnya sendiri selama ini menggunakan model penyaluran daya secara induktif, sehingga tak membutuhkan baterai.

Apabila benar-benar menerapkan Bluetooth untuk operasi nirkabel dari kejauhan, maka sang pena S Pen milik Galaxy Note 9 kemungkinan bakal butuh semacam baterai internal.

Benarkah demikian? Jawabannya bakal diketahui dalam waktu kurang lebih sebulan ke depan. Samsung bakal memperkenalkan Galaxy Note 9 pada sebuah acara tanggal 9 Agustus mendatang di New York, Amerika Serikat.

https://tekno.kompas.com/read/2018/07/04/16360587/stylus-galaxy-note-9-punya-koneksi-bluetooth

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke