Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Begini Bentuk Charger iPhone Kalau Pakai USB Type-C

Ke depan, boleh jadi hal tersebut bakal tak berlaku lagi, lantaran pabrikan gadget berlambang buah apel tergigit itu mungkin bakal membundel charger baru dengan keluaran daya lebih besar, mencapai 18 watt, untuk iPhone.

Bocoran foto charger dimaksud belakangan muncul dan beredar di internet, dari sumber di Negeri Tirai Bambu.

Apabila benar demikian, maka iPhone generasi berikutnya kemungkinan bisa memakai fitur pengisian baterai cepat alias fast charging tanpa harus menggunakan aksesori charger dari perangkat lain.

Seperti ponsel-ponsel Android terkini, Fast charging sebenarnya sudah didukung oleh iPhone model terkini seperti iPhone X.

Namun, lantaran ia hanya dipaketkan bersama charger 5 watt yang loyo tadi, pengguna terpaksa memasangkannya dengan charger USB type-C MacBook untuk mengaktifkan pengisian baterai cepat.

Beda halnya dengan ponsel Android dengan fast charging yang biasanya sudah dipaketkan bersama charger bawaan berdaya tinggi untuk menikmati fitur tersebut.

USB type C, bukan Lightning

Selain memiliki keluaran daya lebih besar, sang charger baru juga tampak dibekali dengan port USB type-C sehingga menimbulkan spekulasi bahwa iPhone berikutnya bakal beralih menggunakan tipe port tersebut, alih-alih konektor Lightning.

Berbeda dari lini MacBook yang sebagian besar sudah beralih ke USB type C untuk keperluan charging dan transafer data, iPhone dan iPad sejauh ini masih menggunakan port Lightning.

Walhasil, pengguna iPhone mesti menggunakan kabel khusus untuk konversi dari konektor Lightning ke USB type-C apabila ingin menghubungkan iPhone atau iPad ke komputer MacBook.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari 9to5 Mac, Kamis (5/7/2018), kerepotan tersebut mungkin tak bakal terjadi lagi apabila iPhone generasi berkutnya sudah beralih ke port USB type-C sebagai pilihan default.

Sang charger dalam gambar bocoran sendiri tampak berbentuk setengah elips dengan warna putih. Namanya bocoran, belum tentu ia benar-benar merupakan charger iPhone model baru.

Benarkah Apple akhirnya bakal mengganti charger loyo iPhone? Jawabannya akan diketahui pada acara peluncuran iPhone generasi berikutnya, September mendatang.

https://tekno.kompas.com/read/2018/07/05/18040017/begini-bentuk-charger-iphone-kalau-pakai-usb-type-c-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke