Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Samsung Kantongi Paten Kamera Serupa iPhone X

Tak lama lagi, Samsung mungkin bakal menyematkan fitur serupa di produk smartphone buatannya. Pabrikan elektronik Korea Selatan itu diketahui telah memperoleh paten untuk “sistem kamera biometrik” serupa iPhone X.

Cara kerjanya mirip dengan kamera Face ID iPhone X, dengan proyektor near infrared (NIR) dan kamera biometrik.

Namun, kamera Samsung bakal lebih canggih karena bisa mengenali iris mata pengguna, di samping kontur wajah secara tiga dimensi. Menurut deskripsi di dokumen paten, ia juga mampu melakukan eye tracking dan mampu bekerja dalam gelap.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Cnet, Jumat (6/7/2018), Samsung sebenarnya sudah lama mengajukan paten untuk teknologi biometrik ini.

Dokumen menyebutkan bahwa Samsung mengajukan paten terkait ke Kantor Paten dan Merek Dagang Amerika Serikat (USPTO) pada kuartal ketiga 2014. Paten kemudian disahkan oleh otoritas terkait untuk kuartal ketiga 2018.

Kendati patennya sudah resmi di tangan Samsung, masih belum jelas kapan teknologi tersebut bakal mulai diterapkan di produk-produk smartphone bikinannya. Boleh jadi ia akan hadir di Galaxy Note 9 yang bakal meluncur 9 Agustus mendatang, atau di flagship tahun depan.

Kamera pengenal wajah Samsung pun tak hanya bisa diterapkan di perangkat smartphone, namun dapat pula disematkan di perangkat mobile lain seperti tablet.

Selain Apple, baru dua parbikan lain yang sejauh ini sudah menerapkan pengenal wajah tiga dimensi di ponselnya, yakni Oppo (Find X) dan Xiaomi (Mi 8 Explorer Edition). Kira-kira kapan Samsung akan menyusul?

https://tekno.kompas.com/read/2018/07/06/19280067/samsung-kantongi-paten-kamera-serupa-iphone-x

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke