Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Samsung Resmikan Pabrik Smartphone Terbesar di Dunia

Pabrik baru Samsung tersebut digadang-gadang bakal mendongkrak kapasitas produksi ponsel Samsung di India menjadi 120 juta unit per tahun, dari sekarang 68 juta unit per tahun. Keseluruhan pabrik rencananya baru akan selesai dibangun pada 2020.

Pabrik tersebut nantinya akan dipakai untuk memproduksi seluruh lini ponsel Samsung, mulai dari Android Go yang dibanderol di kisaran 100 dollar AS atau sekitar Rp 1,4 juta; hingga kelas flagship seperti Galaxy S9 yang harganya mulai dari Rp 11,5 juta.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Bloomberg, Rabu (11/7/2018), keberadaan pabrik baru diprediksi bakal membantu mengembalikan keunggulan Samsung di India. Saat ini Samsung berapa di posisi kedua perusahaan smartphone terbesar India, sedangkan posisi pertama diduduki oleh Xiaomi.

Pasar ponsel India sendiri merupakan yang terbesar kedua di dunia, dengan total populasi penduduk mencapai 1,3 miliar orang. Sebanyak 425 juta dari jumlah tersebut merupakan pengguna smartphone. Maka sisanya, sekitar 875 juta orang, merupakan pangsa pasar potensial bagi vendor ponsel pintar yang berjualan di sana.

Adapun posisi pertama pasar smartphone dunia masih diduduki oleh China, sedangkan posisi ketiga oleh Amerika Serikat.

Para pembeli smartphone di India cenderung menaruh minat pada perangkat genggam yang dibanderol di bawah 250 dollar AS atau sekitar Rp 3,5 juta. Hal ini pula yang membuat penjualan smartphone kelas flagship seperti Samsung Galaxy S9 dan Apple iPhone X cenderung kecil.

https://tekno.kompas.com/read/2018/07/11/07540077/samsung-resmikan-pabrik-smartphone-terbesar-di-dunia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke