Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Uniknya App Store dibanding Google Play, Unduhan Sedikit Untung Banyak

KOMPAS.com - Meski jumlah pengunduh aplikasi di App Store lebih sedikit dari Google Play, hal ini ternyata tak berpengaruh pada keuntungan. Bahkan hanya dengan setengah dari jumlah unduhan dari Google Play, keuntungan App Store malah dua kali lipat lebih banyak. 

Dikutip KompasTekno dari Apple Insider, Rabu (18/7/2018), temuan yang dipublikasikan oleh lembaga riset Sensor Tower ini memerlihatkan bahwa pelanggan App Store di seluruh dunia menghabiskan sekitar 22 miliar dollar AS atau sekitar Rp 316,5 triliun untuk periode Januari hingga Juni lalu.

Sedangkan pengguna Google Play hanya menghabiskan biaya setengahnya yakni 11,8 miliar dollar AS atau setara dengan Rp 157 triliun.

"Jumlah aplikasi yang diunduh (keseluruhan) juga meningkat sebesar 11,3 persen dari 2017 di periode yang sama. Whatsapp, Mesenger, Facebook dan Instagram menempati empat teratas di kedua platform ini," ungkap Randy Nelson, Head of Mobile Insight Sensor Tower.

Cenderung suka berbayar

Penelitian yang dilakukan juga menjelaskan bahwa pengguna iOS cenderung lebih memilih aplikasi berbayar ketimbang gratis. Ini juga disebabkan oleh faktor ketersediaan aplikasi non-berbayar yang lebih sedikit ketimbang Google Play. 

Lebih lanjut, Randy menjelaskan bahwa peningkatan jumlah pengunduh memang terlihat cukup signifikan untuk platform Android. Selain banyaknya aplikasi gratis, ini juga dipicu oleh penetrasi ponsel Android di negara berkembang yang semakin kuat.

Selain media sosial, aplikasi yang banyak diunduh dan dibayar oleh pengguna dari kedua platform adalah game. Bahkan pada 2017 lalu menurut Randy, konsumen global tak ragu untuk menghabiskan uang mereka demi membeli game maupun item untuk mendukung permainan.

Hasil penjualan game ini mencakup lebih dari setengah pendapatan dari kedua platform. Sekitar hampir 78 persen dari seluruh pendapatan pada periode Januari hingga Juni 2018 untuk kedua platform. Penjualan game di App Store mencapai angka 16,3 miliar dollar AS, sedangkan penjualan game di Google Play mencapai angka 10,3 dollar AS.

Angka ini dipicu oleh kecenderungan para pecinta game yang mulai beralih pada mobile game. Selain beberapa game dirilis secara gratis, mobile game juga dianggap lebih mudah untuk dimainkan secara online. 

Pada 2017 lalu, total belanja konsumen untuk mobile game pun merangkak naik 30 persen dan mewakili hampir 82 persen dari semua pendapatan aplikasi.

Pada periode Januari hingga Juni 2018 ini, pendapatan dari aplikasi game tumbuh sebesar 19,1 persen dari periode yang sama tahun lalu. Angka ini pun diprediksi akan terus tumbuh sampai akhir tahun nanti. 

Kendati demikian menurut Randy, tak menutup kemungkinan bahwa jumlah pendapatan Google Play bisa menyalip App Store hingga akhir tahun nanti. 

https://tekno.kompas.com/read/2018/07/18/12150037/uniknya-app-store-dibanding-google-play-unduhan-sedikit-untung-banyak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke