Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Laptop Biasa pun Kini Bisa Ikut Menambang Bitcoin

Namun belakangan muncul alternatif berupa software yang memungkinkan pengguna dengan laptop atau komputer biasa untuk ikut menambang tanpa perlu merogoh kocek untuk membeli perangkat mahal.

Software bikinan startup Honeyminer itu menjalankan dynamic mining dengan menggabungkan komputer pengguna ke dalam pool berisi ribuan komputer lain. Masing-masing komputer menyumbangkan tenaga untuk proses penambangan cryptocurrency.

“Tenaga” yang disumbangkan berasal dari GPU komputer. Apabila sedang tidak dipakai, maka GPU komputer akan digunakan untuk ikut serta mengolah proses mining bersama GPU kompter-komputer lain yang tergabung dalam dalam pool Honeyminer.

Dengan demikian, meski kemampuan GPU sebuah komputer mungkin tidak seberapa, tenaga gabungan ribuan GPU biisa menghasilkan sumberdaya yang signifikan untuk proses mining kolektif ini.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari The Next Web, Sabtu (28/7/2018), pengguna pun cukup menjalankan aplikasi Honeyminer di komputer yang kebetulan pengolah grafisnya sedang menganggur untuk mulai menyumbang tenaga.

Software Honeyminer akan menangani semua konfigurasi secara otomatis, termasuk beralih menambang cryptocurrency lain setiap 10 menit, atau sesuai dengan pergerakan harga sehingga penggunaan tenaga komputer dalam pool bisa selalu mengarah ke keuntungan maksimal.

“Pengguna pun tidak perlu menghitung sendiri atau, mengatur konfigurasi, atau memantau harga secara manual,” ujar advisor Honeyminer, Noah Jessop.

Honeyminer mendukung penambangan aneka cryptocurrency populer, termasuk bitcoin, ethereum, ethereum classic, zcash, monero, dan lainnya yang tidak memerlukan komputer spesifik (ASIC).

Tersedia secara gratis, software Honeyminer membuka pintu bagi kebanyakan orang untuk ikut serta memburu cryptocurrency. Namun agaknya pengguna tidak bisa berharap terlalu banyak soal keuntungan yang bisa dihasilkan.

Profit yang dihasilkan oleh pool Honeyminer didistribusikan ke pemilik masing-masing komputer dalam jumlah berbeda, tergantung kualitas hardware komputer yang dipakai untuk menyumbangkan tenaga.

Dalam hal ini, komputer bertenaga besar dengan beberapa kartu grafis pun rata-rata hanya bisa menghasilkan profit sebesar satu atau dua dollar AS dengan menjalankan Honeyminer seharian.

https://tekno.kompas.com/read/2018/07/28/08280017/laptop-biasa-pun-kini-bisa-ikut-menambang-bitcoin

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke