Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Cepat Menghapus Kicauan Lama di Twitter

Misalnya seperti yang baru-baru ini menimpa sutradara kenamaan Hollywood, James Gunn. Ia dipecat dari Disney setelah tweet lamanya yang bernada negatif dimunculkan kembali oleh sesorang.

Jika Anda pengguna lama Twitter dan cukup aktif berkicau pada masa lalu, menghapus banyak tweet lama akan memakan waktu jika harus digulir satu per satu. Namun, ada cara lain yang lebih praktis untuk melenyapkan kicauan lawas di Twitter.

Sebelum menghapus riwayat kicauan, Anda bisa mengunduh arsip data jika ingin menyimpannya. Caranya, buka menu "setting" lalu gulir ke bawah dan klik "request your archieve".

Arsip tak akan menyimpan semua data Twitter Anda sejak pertama kali akun dibuat. Tunggu beberapa saat dan periksa e-mail yang Anda gunakan untuk mendaftar akun Twitter karena arsip akan dikirim ke alamat e-mail tersebut.  Jika telah tersedia maka silakan diunduh.

Setelah mendapat back up data, Anda bisa memulai bersih-bersih tweet lama dengan beberapa metode yang dirangkum KompasTekno dari How to Geek, Sabtu, (28/7/2018) berikut ini. Tiga cara pertama bisa dilakukan dari browser komputer desktop. Lalu ada juga cara dengan memakai aplikasi mobile di Android dan iOS.

1. Menggunakan fitur "Advanced Search"

Langkah awal menghapus tweet adalah dengan memanfaatkan fitur "Advanced Search" yang ada di laman Twitter sendiri. Klik tautan ini atau gunakan kolom pencarian di Twitter.

Cukup masukan nama akun Twitter Anda di bagian "From these accounts", lalu isi kata atau frasa yang ingin Anda hapus di seksi "Words". Maka akan muncul semua posting dari profil Anda yang mengandung kata tersebut.

2. Tweet Delete

Jika Anda memiliki terlalu banyak tweet yang ingin dihapus lebih cepat, maka Anda bisa gunakan cara kedua, yakni dengan layanan gratis bernama Tweet Delete yang bisa diakses melalui tautan ini.

Tweet Delete bisa menghapus ribuan posting lama yang berusia hingga satu tahun, sekaligus menjadwalkan penghapusan kicauan berikutnya secara berkala. Setelah membuka situs Tweet Delete, baca lebih dulu syarat dan ketentuannya, lalu lanjutkan dengan memberikan tanda centang pada kotak yang tersedia.

Kemudian log-in ke akun Twitter dan klik "authorize app". Sebelum menjadwalkan penghapusan tweet berikutnya, pilih opsi "delete all my existing tweets before activating this schedule" untuk menghapus kicauan lama. Lalu tentukan jangka waktu tweet yang ingin dihapus.

3. Menggunakan All My Tweet

Masih belum cukup? Anda bisa menggunakan layaan online lain bernama All My Tweets yang bisa diakses melalui tautan ini. All My Tweets akan menampilkan semua posting yang diurutkan dari yang terbaru hingga paling lama, yakni tweet pertama.

4. Pengguna iOS

Pengguna iOS bisa menghapus tweet lama dengan aplikasi Tweeticide yang bisa diunduh di Apple App Store melalui tautan berikut. Tetapi, pengguna harus membayar 3 dollar AS (sekitar Rp 44.000) untuk menggunakan aplikasi ini. Tweeticide akan menghapus 3,200 tweet terakhir di lilnimasa pengguna.

5. Pengguna Android

Berbeda dengan pengguna iOS, pengguna Android bisa memanfaatkan aplikasi Xpire yang bisa diunduh di Google Play Store melalui tautan ini. Aplikasi ini memungkinkan pengguna menghapus tweet secara selektif.

Pengguna juga bisa mengaktifkan fitur "self-destructing" untuk menghapus tweet secara otomatis setelah di-posting dalam jangka waktu tertentu. Selain itu, Xpire bisa memberikan penilaian atas risiko dari posting pengguna di "Social Score".

Menghapus tweet lama yang jumlahnya puluhan ribu memang tidak bisa dilakukan sekali jalan. Namun, setidaknya, cara-cara di atas bisa memangkas waktu penghapusan kicauan lama.

Jika masih ragu apakah ada posting yang tertinggal dan ingin menghapus jejak Twitter selamanya, Anda bisa memilih opsi menghapus akun Twitter. Pengguna juga bisa menutup sementara akun Twitter dengan me-nonaktifkannya, dan mengaktifkan kembali jika ingin mengaksesnya.

https://tekno.kompas.com/read/2018/07/28/15450067/cara-cepat-menghapus-kicauan-lama-di-twitter

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke