Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kamera Depan Oppo Find X, Bukan Cuma untuk Selfie

Istilah "3D" di nama modul kamera tersembunyi ini ternyata bukan sekadar pemanis belaka.

Kamera depan Oppo Find X yang memiliki resolusi 25 megapiksel (lensa f/2.0 mampu melakukan pemindaian wajah pengguna secara tiga dimensi dengan dibantu proyektor pemancar 30.000 titik inframerah.

Informasi pemindaian kontur 3D tersebut kemudian bisa dipakai untuk memperindah tampilan wajah lewat fitur bertajuk 3D Smart Selfie Capture di Oppo Find X.

Pengamat gadget dan pemilik kanal YouTube Sobat Hape, Mouldie Satria, sempat mendemonstrasikan kemampuan ini dalam acara Gagdet Story KOMPAS.com bersama Oppo Find X yang digelar di Surabaya, Sabtu (28/7/2018).

Setelah melakukan pemindaian wajah secara tiga dimensi dengan kamera depan, Oppo Find X akan membawa pengguna ke antarmuka khusus di aplikasi kamera untuk menyesuaikan tampilan masing-masing elemen wajah secara spesifik.

"Misalnya, pipi bisa dibuat lebih ramping, atau mata lebih lebar. Itu bisa dilakukan sesuai keinginan," ujar Mouldie ketika berbicara di panggung, seraya menunjukkan video demonstrasi fitur yang bersangkutan di layar presentasi.

Hasil pengaturan tersebut kemudian akan diaplikasikan di jepretan selfie pengguna sehingga tampilan wajah akan sesuai dengan pengaturan yang dilakukan sebelumnya.

"Makanya, kalau sudah pakai Find X, jangan percaya dengan foto selfie orang itu karena bisa jadi sudah diatur dan berbeda dengan aslinya," ujar Mouldie berkelakar, disambut gelak tawa hadirin.

Pengenal wajah, amankah?

Selain mempercantik jepretan selfie, fungsi utama dari pengenalan wajah secara tiga dimensi di Oppo Find X sebenarnya adalah sebagai metode untuk mengamankan perangkat.

Find X bisa memakai informasi wajah pengguna sebagai kunci biometrik untuk membuka lock screen. Cara pakainya mudah saja, cukup aktifkan face recognition dan daftarkan (enroll) wajah di menu setting sekuriti Find X.

Selanjutnya, Find X bisa diatur agar mengeluarkan kamera depan secara otomatis untuk face recognition saat pengguna menekan tombol daya selagi ponsel dalam keadaan terkunci dan layar dimatikan. Proses pemindaian berlangsung sangat cepat dan selesai dalam waktu kurang dari sedetik.

Oppo rupanya cukup percaya diri hanya menerapkan metode biometrik face recognition sebagai pengaman di Find X, tanpa didampingi pemindai sidik jari.

PR Manager Oppo Indonesia Aryo Meidianto yang turut hadir dalam acara sebagai  pembicara menerangkan keputusan ini diambil lantaran face recognition memiliki rasio kesalahan yang jauh lebih kecil, yakni 1/1.000.000  dibandingkan pemindai sidik jari yang sebesar 1/50.000.

"Selain itu, fingerprint scanner rawan ngadat apabila permukaanya kotor, seperti jika terkena minyak atau air. Masalah itu tak terjadi di 3D face recognition, apalagi kamera Find X disembunyikan di dalam bodi perangkat sehingga lebih aman," ujar Aryo.

Bagaimana jika pakai helm dan masker?

Mouldie sempat menjajal keandalan face recognition Find X dengan mengubah tampilan wajahnya lewat berbagai aksesori. Find X terbukti tak kesulitan mengenali Mouldie saat dia mengenakan topi dan helm.

Bahkan, ketika sunscreen berwarna gelap dari helm double visor itu diturunkan hingga menutupi mata, Find X masih mampu mengenali wajah Mouldie dengan akurat.

"Jadi, semestinya Find X ini tetap bisa mengenali wajah pengguna meskipun sedang menggunakan kacamata hitam, seperti pada helm tadi," ujar Mouldie yang turut menunjukkan video hasil percobaannya di layar lebar untuk hadirin.

Oppo Find X baru tak bisa mengenali wajah Mouldie ketika ia mengenakan masker yang menutupi setengah wajah bagiah bawah, termasuk hidung, mulut, dan pipi. Saat masker sedikit diturunkan hingga menampakkan hidung, barulah face recognition kembali mengenali Mouldie.

Mengenai hal ini, Aryo mengatakan sinar infra merah yang dipancarkan Find X untuk keperluan face recognition memang bisa menembus benda transparan seperti kacamata hitam atau visor helm, tapi beda halnya dengan benda tidak transparan macam masker.

Oppo rencananya akan menjual Find X di pasaran Indonesia mulai 4 Agustus mendatang. Banderol harga perangkat ini dipatok di angka Rp 12.999.000 dalam masa pre-order.

https://tekno.kompas.com/read/2018/07/30/10180047/kamera-depan-oppo-find-x-bukan-cuma-untuk-selfie

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke