Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Meski Pasar Tablet Menurun, 2 Vendor Ini Catat Kenaikan

Pada kuartal II-2018 lalu, pasar penjualan tablet di dunia tercatat mengalami penurunan yang signifikan. Berdasarkan data dari IDC, angka penjualan menurun 13,5 persen dari periode yang sama pada tahun lalu.

Kendati demikian, pangsa pasar tablet milik Huawei dan Apple malah bertolakbelakang dengan kondisi global. Huawei dan Apple berhasil mendongkrak penjualan tablet dari periode yang sama pada 2017 lalu.

Dikutip KompasTekno dari ZDnet, Sabtu (4/8/2018), Huawei berhasil meraih peningkatan pangsa pasar sebesar 7,7 persen dari tahun sebelumnya. Selama periode ini, vendor kenamaan asal China tersebut berhasil menjual sebanyak 3.4 juta unit tablet secara global.

Dengan demikian, besaran pangsa pasar yang dimiliki Huawei juga ikut terdongkrak menjadi sebesar 10.3 persen dan membuat Huawei bertengger di posisi ketiga di bawah Apple dan Samsung.

Apple yang ada di peringkat teratas pun mencatatkan kenaikan penjualan. Meski tidak sebesar Huawei, kenaikan ini tetap membuat Apple berada di posisi puncak sebagai produsen tablet terbesar di dunia.

Pada kuartal II-2018, Apple berhasil mencatat angka kenaikan 0,9 persen dibanding tahun sebelumnya. Selama 2018, perusahaan besutan mendiang Steve Jobs ini berhasil mengapalkan 11.5 juta unit tablet di pasar global.

Secara keseluruhan, hanya dua brand ini yang mampu mencatatkan peningkatan penjualan komputer tablet selama kuartal dua 2018. Merek besar lainnya seperti Samsung dan lenovo malah terjun bebas dengan angka penurunan yang cukup drastis dari tahun sebelumnya.

Huawei dan Apple sepertinya memang tengah mendapat angin segar di industri teknologi. Khusus untuk Huawei, angin ini berhembus lebih kencang dari biasanya.

Pasalnya beberapa waktu lalu, Huawei berhasil merebut posisi kedua dalam peringkat produksi smartphone terbesar di dunia dari Apple. Dan kali ini, meski masih berada dalam posisi ketiga, Huawei berhasil mencatatkan angka kenaikan yang lebih besar dari Apple untuk pangsa pasar komputer tablet.

https://tekno.kompas.com/read/2018/08/04/10453217/meski-pasar-tablet-menurun-2-vendor-ini-catat-kenaikan

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke