Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Fungsi Baru S Pen Galaxy Note 9, Tombol Selfie dan Pengontrol Presentasi

Hal ini dimungkinkan konektivitas Bluetooth yang disematkan di dalam S Pen. Sebelumnya, masyarakat sempat khawatir Bluetooth pada S Pen bakal menimbulkan masalah, mengingat diperlukan baterai tambahan untuk menjalankannya.

Director of Product Marketing Samsung, Jon Wong, menegaskan tak ada yang perlu dikhawatirkan. Baterai pada S Pen akan otomasi terisi ulang dayanya ketika Galaxy Note 9 dicas.

“Pengisian daya penuh untuk S Pen cuma butuh waktu di bawah satu menit (40 detik). Bahkan jika S Pen mati, fungsi dasarnya akan tetap berlaku,” kata Jon Wong di sela-sela “Galaxy Unpacked”, Kamis (9/8/2018), Barclays Center, Brooklyn, New York, Amerika Serikat.

Lebih lanjut, Jon Wong memamerkan apa saja fungsi S Pen dengan Bluetooth, sebagai berikut.

Pertama, membuka aplikasi. Pada pengaturan default, aplikasi kamera bakal terbuka ketika pengguna memencet dan menahan tombil pada S pen. Namun, pengguna bisa menggantinya dengan aplikasi lain sesuai kebutuhan.

Kedua, membidik foto. Selama ini selfie beramai-ramai cukup menyusahkan. Bagaimana tidak, pengguna harus menyetel “timer” atau memakai alat bantu semacam tongkat selfie (tongsis).

Fungsi baru S Pen tak membutuhkan keruwetan itu. Cukup letakkan smartphone dari kejauhan, lantas klik tombol S Pen satu kali untuk menjepret sebanyak yang diinginkan.

Ketiga, melihat foto di galeri. Hasil foto yang dijepret bisa dilihat bersama-sama di galeri. Cukup tekan satu kali untuk melihat foto berikutnya dan tekan dua kali untuk kembali ke foto sebelumnya.

Kelima, mengontrol musik. Ketika pengguna mendengar musik via Galaxy Note 9, tak perlu sering-sering bersentuhan dengan layar hanya untuk beranjak ke lagu berikutnya atau pause.

Dengan S Pen terbaru, pengguna bisa mengontrol beberapa perintah seperti mainkan (play), jeda (paus), hingga langkahi (skip) musik.

Keenam, mengontrol YouTube. Fungsi ini mekanismenya sama dengan pemutaran lagu atau perekaman suara. Pengguna bisa menjadikan S Pen sebagai remote untuk memainkan, menjeda, atau melangkahi video di YouTube.

Ketujuh, pengontrol presentasi. Ketika file presentasi terbuka dan disambungkan ke layar besar, Anda bisa menjadikan S Pen sebagai “slide control”. Cukup tekan tombol untuk beralih ke slide selanjutnya.

Kedelapan, membuka dan mengunci smartphone. Fungsi ini masih dalam tahap pengembangan. Ketika KompasTekno menjajal Galaxy Note 9 langsung di arena hands-on di Barclays Center, pengaturannya sudah ada tetapi belum bisa diimplementasikan.

https://tekno.kompas.com/read/2018/08/10/09310007/fungsi-baru-s-pen-galaxy-note-9-tombol-selfie-dan-pengontrol-presentasi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke