Salin Artikel

Adu Kencang Galaxy Note 9 Vs iPhone X, Siapa Juaranya?

KOMPAS.com - Sejak diperkenalkan beberapa waktu lalu, Galaxy Note 9 mendapat banyak respon di media sosial. Banyak yang menganggap Note 9 adalah perangkat yang sangat hebat, tapi tak sedikit pula yang menghujat.

Alasan mereka menganggap remeh Galaxy Note 9 adalah karena spesifikasi yang diusung ternyata tak berbeda jauh dengan Galaxy S9 Plus yang dirilis pada Februari lalu. Namun apakah perangkat ini memang punya performa yang biasa-biasa saja?

Situs teknologi ternama Tom's Guide pun menguji ponsel teranyar ini. Galaxy Note 9 disandingkan dengan saingannya, yakni iPhone X. Galaxy Note 9 yang digunakan dalam pengujian ini memiliki RAM 6 GB dan ROM 128 GB serta prosesor Snapdragon 845.

Uji Geekbench

Pengujian pertama dilakukan melalui GeekBench 4. Hasilnya cukup mengejutkan. iPhone X menang telak dari Galaxy Note 9 dari hasil pengujian ini.

iPhone X mendapat nilai sebesar 10.357 dan menduduki peringkat pertama. Sedangkan Galaxy Note 9 berada di peringkat ketiga dengan nilai 8.876 dan di antara keduanya ada OnePlus 6 dengan nilai 9.088.

Angka yang didapat Galaxy Note 9 memang terpaut cukup jauh Apple iPhone X, namun bukan perangkat ini tak memiliki kemajuan dari perangkat sebelumnya. Terbukti angka hasil pengujian ini melonjak cukup jauh dari Galaxy Note 8 yang dirilis tahun lalu.

Performa grafis

Pengujian kedua dilakukan untuk melihat performa grafis. Menggunakan 3DMark Slingshot Extreme, hasil pengujian ini pun menunjukkan bahwa Galaxy Note 9 masih takluk dari iPhone X.

Skor hasil uji Galaxy Note 9, yakni 4.639 berada pada posisi ketiga. Sedangkan iPhone X mendapat angka 4.994 yang menduduki posisi kedua. Posisi pertama diduduki OnePlus 6 dengan angka 5.124.

Ponsel ini mencatatkan 224 persen warna sRGB sedangkan iPhone X hanya 128,6 persen. Tingkat kecerahan layar Galaxy Note 9 pun masih lebih tinggi dari iPhone X.

Bukan tolok ukur

Dikutip KompasTekno dari Toms'Guide, Senin (13/8/2018), hasil uji dari benchmarking ini tak serta merta menjadi tolok ukur bagaimana kinerja handset dalam penggunaannya di kehidupan nyata.

Tentu saja kedua perangkat ini punya fungsi yang berbeda dengan sistem operasi yang juga berbeda. Terutama mengingat bahwa Galaxy Note 9 adalah ponsel yang diperuntukkan pengguna bisnis, tak seperti iPhone X.

Galaxy Note 9 pun punya fitur serta dukungan lain seperti S-Pen yang kini dilengkapi dengan koneksi bluetooth serta adanya DeX internal.

https://tekno.kompas.com/read/2018/08/13/13120077/adu-kencang-galaxy-note-9-vs-iphone-x-siapa-juaranya-

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.