Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Qualcomm Siapkan Chip 5G Snapdragon 865

Kabar ini terungkap dari kicauan sebuah akun Twitter yang kerap memberi bocoran seputar tren teknologi terkini. Akun Twitter @UniverseIce ini mengatakan bahwa Snapdragon 865 bakal menjadi "chipset 5G yang lengkap".

"Qualcomm tengah mengembangkan SDM865 yang akan menjadi chipset lengkap," tulis akun @UniverseIce.

Dikutip KompasTekno dari MobileSyrup, Senin (20/8/2018), saat ini Qualcomm sendiri memiliki modem 5G yakni Snapdragon X50. Namun modem ini dibuat terpisah dari prosesor, sehingga perangkat yang ingin memasang modem ini harus melakukan sedikit modifikasi pada logic board agar bisa menanamkan modem tersebut.

Jika kabar ini benar adanya maka kemungkinan besar prosesor ini akan mulai hadir pada 2019 mendatang.

Tapi ada juga rumor yang mengatakan bahwa Snapdragon 865 ini sebenarnya adalah Snapdragon 855 yang diubah namanya. Rumor tersebut mengatakan bahwa nama Snapdragon 855 dikhawatirkan akan membuat konsumen kebingungan.

Pasalnya selama ini keberadaan Snapdragon seri 850 dipasarkan hanya untuk perangkat laptop dan tablet sehingga ada kekhawatiran jika menggunakan nama seri Snapdragon 855, maka dapat terjadi kesalahpahaman.

Kendati demikian Qualcomm sendiri masih belum berkomentar terkait isu ini. Namun jika kabar ini benar adanya maka akan sangat menarik menantikan keberadaan prosesor 5G di tahun 2019 mendatang.

Tentu saja dengan adanya prosesor ini maka industri ponsel pintar sudah benar-benar siap untuk beralih ke jaringan internet generasi ke lima.

https://tekno.kompas.com/read/2018/08/20/18140097/qualcomm-siapkan-chip-5g-snapdragon-865

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke