Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Huawei Ketahuan Pakai Kamera DSLR untuk Iklankan Foto Selfie

Klik! Foto pun jadi. Si wanita tampak tekejut karena wajahnya sudah tampak cantik di foto, padahal make up belum sepenuhnya diterapkan. Mungkin ini karena kecerdasan buatan (AI) di Nova 3 mampu membuat wajahnya tampak menawan, walau make up masih setengah jalan.

Sepintas tak ada yang aneh dengan adegan di video iklan yang ditujukan untuk audience di Mesir tersebut. Namun, belakangan diketahui bahwa hasil jepretan selfie nan ciamik tadi bukan berasal dari kamera milik ponsel Huawei Nova 3, melainkan sebuah kamera DSLR.

Hal itu terungkap setelah sang aktris wanita, Sarah Elshamy mengunggah foto-foto behind the scene dari produksi iklan yang bersangkutan ke akun Instagram miliknya. Nah, salah satu foto memperlihatkan bahwa tangan sang pria ternyata tidak menggenggam apa pun saat berakting selfie tadi.

Alih-alih ponsel, seorang anggota kru lain memposisikan kamera DSLR di tangan sang pria, untuk menirukan sudut pandang ponsel yang dipakai selfie. Jadilah foto selfie tadi terkesan seperti jepretan Nova 3, padahal sebenarnya bukan.

Di dalam iklan ada tiga adegan selfie lain dalam kondisi siang dan malam hari. Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Android Police, Selasa (21/8/2018), ada kemungkinan tak hanya satu yang diambil dengan kamera DSLR.

Huawei sendiri sebenarnya tidak mengklaim di iklan bahwa hasil selfie merupakan jepretan Nova 3. Namun, tetap saja visualisasinya mengesankan demikian, dan berpotensi misleading untuk calon konsumen yang melihat.

Ini bukan kali pertama Huawei kepergok memakai kamera berkemampuan lebih tinggi untuk mengiklankan jepretan ponselnya. Pabrikan asal China tersebut pernah menaruh hasil foto dari kamera DSLR full-frame Canon 5D Mark III di galeri sampel foto smartphone P9 pada 2016.

Video iklan Nova 3 selengkapnya bisa dilihat di tautan berikut.

https://tekno.kompas.com/read/2018/08/21/14060047/huawei-ketahuan-pakai-kamera-dslr-untuk-iklankan-foto-selfie

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke