Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jadwal dan Aturan Main Cabor Game Bola PES 2018 di Asian Games

Ada beberapa permainan digital yang dipertandingkan dan salah satunya adalah game sepak bola populer besutan Konami, Pro Evolution Soccer (PES) 2018.

PES 2018 adalah satu-satunya permainan bergenre olahraga yang dipertandingkan dalam turnamen demonstrasi di Asian Games ini.

Mengingat PES 2018 memiliki permasalahan lisensi tim yang bersaing dengan FIFA, lantas bagaimana aturan main dari pertandingan PES 2018 di Asian Games ini?

Menurut Takayuki Kurumada, Deputy Division Director Promotion Planning Division Konami, untuk mengakali masalah lisensi tim ini pemain harus membuat tim terlebih dahulu lewat fitur My Club. Kemudian tim inilah yang nantinya akan dibawa untuk bertanding di turnamen.

"Punya lisensi tim memang sangat penting tapi kami dari Konami mencari cara agar turnamen lebih menarik yakni dengan menggunakan fitur My Club di PES 2018," ungkap Takayuki dalam sebuah acara diskusi di kawasan Senayan, Jakarta, Jumat (24/8/2018).

Untuk satu kali pertandingan, ada tiga babak yang dipertandingkan. Babak pertama yakni satu lawan satu (1 v 1) kemudian babak kedua yakni dua lawan dua (2 v 2) dan babak ketiga kembali satu lawan satu lagi (1 v 1).

Sebuah tim dinyatakan menang jika berhasil memenangkan dua dari tiga babak yang dipertandingkan. Ibarat permainan bulu tangkis, jika kedudukan sama kuat maka akan dipertandingkan rubber game yakni babak ketiga. Satu tim berisi dua orang pemain yang nantinya akan bertanding secara bergantian.

Turnamen PES 2018 ini nantinya akan dimainkan dalam konsol baik Xbox maupun PS4. Total negara yang berpartisipasi dalam permainan PES 2018 ini ada 8 negara yang dibagi dalam dua grup.

Indonesia sendiri tergabung dalam "grup neraka" yakni grup B bersama Vietnam, Jepang dan India. Sementara grup A dihuni oleh Hong Kong, Malaysia, Iran dan Kazakstan.

Menurut Elga Cahya Putra, Atlet eSport Indonesia untuk PES 2018, lawan paling berat adalah Jepang di mana negara ini memang seringkali menjuarai turnamen internasional.

Prestasi yang ditorehkan Jepang terakhir kali adalah tahun lalu di mana pada turnamen PES individu, Jepang mengalahkan Indonesia dan berhasil menjadi juara.

Menurut Ketua Asosiasi eSports Indonesia, Eddy Lim, PES 2018 akan dipertandingkan pada tanggal 1 September mendatang dari jam 10 pagi hingga 9 malam. Lokasi pertandingannya yakni di Mahaka Arena, Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Namun sayangnya, Eddy belum bisa mengonfirmasi berapa harga tiket untuk cabang olahraga e-sports ini. Kendati demikian ia menjamin bahwa cabang olahraga e-sports tidak kalah menarik untuk ditonton jika dibandingkan dengan cabang lainnya.

Pasalnya, e-sports menurutnya adalah cabang baru yang mendapat perhatian banyak kalangan termasuk masyarakat Indonesia. E-sports juga memang tengah naik daun karena masuk dalam salah satu cabang di Asian Games 2018 ini.

Selain PES, ada 5 permainan lainnya yang dipertandingkan di cabang olahraga e-sports ini. Berikut adalah jadwal selengkapnya.

Senin, 27 Agustus 2018
Clash Royale  10.00 WIB - 21.30 WIB
League of Legends 09.00 WIB - 18.45 WIB

Selasa, 28 Agustus 2018
League of Legends 10.00 WIB - 21.00 WIB

Rabu, 29 Agustus 2018
League of Legends 11.00 WIB - 18.00 WIB

Kamis, 30 Agustus 2018
Starcraft II 13.00 WIB - 19.30 WIB

Jumat, 31 Agustus 2018
Hearthstone 09.00 WIB - 21.00 WIB

Sabtu, 1 September 2018
PES 2018 09.00 WIB - 21.00 WIB

https://tekno.kompas.com/read/2018/08/25/07170077/jadwal-dan-aturan-main-cabor-game-bola-pes-2018-di-asian-games

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.