Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bell: Helikopter 505 Jet Ranger X Cocok untuk Pariwisata Indonesia

"Jadi kita punya program sekarang untuk (menyasar) flying school dan tourism," kata Yudhistira Ardi Nugraha, Business Development Manager Bell Helicopter saat dijumpai di bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Kamis (16/8/2018).

Yudhistira mencontohkan, untuk kebutuhan flying school, Bell 505 Jet Ranger X saat ini telah dipakai oleh Japan Coast Guard sebagai sarana pelatihan.

"Kita sudah deliver lima unit untuk mereka," katanya.

Sementara untuk tujuan tourism, Yudhistira mengatakan bahwa Bell 505 Jet Ranger X sangat cocok untuk segmen ini, sebab desain kaca jendela di helikopter ini memiliki sudut pandang yang bagus.

"Di sisi kursi kedua (di belakang pilot) itu untuk melihat keluar masih enak," kata Yudhistira.

Pengalaman itu dibuktikan langsung oleh KompasTekno saat mengikuti demo flight Bell 505 Jet Ranger X.

Saat terbang circuit pattern di seputaran runway Halim Perdanakusuma, di ketinggian 1.000 kaki, pemandangan jalan tol Cikampek dan area Taman Mini Indonesia Indah (TMII) bisa dilihat dengan leluasa. Kaca kabin nampak menyatu dari depan hingga ke sisi pundak penumpang.

Hal ini dimungkinkan berkat pemasangan transmisi ke fuselage dengan cara yang berbeda dibanding seri sebelumnya, Bell 206, ditambah dengan teknologi liquid inertia vibration-eliminating mounts dalam Bell 505.

Dari sisi kokpit, Bell 505 Jet Ranger X mengusung konsep full glass cockpit yang modern, dengan teknologi FADEC (full authority digital engine/electronics control) dual-channel dan mengintegrasikan avionik G1000H dari Garmin. Kedua teknologi tersebut diklaim sebagai yang pertama di kelasnya.

Bell 505 Jet Ranger X memiliki 5 kursi (2 kru dan 3 penumpang), menggunakan mesin Turbomeca Arrius 2R dengan kekuatan 504 shp, dengan jangkauan terbang maksimum 360 nautical mile. Bell 505 Jet Ranger X dipasarkan dengan listed price 1 juta dollar AS (sekitar Rp 14,5 miliar).

https://tekno.kompas.com/read/2018/08/27/08242317/bell-helikopter-505-jet-ranger-x-cocok-untuk-pariwisata-indonesia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke