Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Komputer Apple Produksi 1970 Dilelang Seharga Supercar Terbaru

Model "Byte Shop-style Apple-1" atau yang umum disebut Apple I sedang dipersiapkan rumah lelang RR Auction dengan kisaran harga lelang lebih dari 300.000 dollar AS (sekitar Rp 4,3 miliar).

Harga tersebut hampir setara dengan supercar edisi terbaru yakni Aston Martin DBS Superleggera 2019 yang dijual seharga 308.000 dollar AS atau sekitar Rp 4,5 miliar. |

Dilansir KompasTekno dari Cnet, Selasa (28/8/2019), Apple-I pertama kali diproduksi Steve Jobs dan Steve Wozniak pada pertengahan 1970.

Model Byte Shop Apple-1 sendiri adalah salah satu dari 50 komputer yang dibuat oleh Jobs dan Wozniak khusus untuk salah satu toko komputer personal pertama dunia, Byte Ship yang berlokasi di Mountain View, California.

Saat ini, komputer tersebut dikabarkan masih ada sekitar 60 unit. Setiap kali komputer tersebut masuk rumah lelang, harga komputer itu hampir setara dengan harga rumah.

Seringnya, tidak hanya melelang motherboard saja, tapi juga monitor serta keyboard lawas yang terpasang di komputer Apple tahun 1976.

Barang Apple lain yang masuk rumah lelang juga termasuk laporan tahunan Apple disertai pesan pribadi, lengkap dengan tanda tangan Jobs.

Uniknya, tanda tangan Bapak Apple itu diikuti pengejaan yang salah yakni "your" (milikmu) di mana seharusnya "you're" (kamu adalah).

Steve Jobs diketahui memang sering melakukan salah pengejaan. Ada pula buku tahunan Steve Jobs dengan perkiraan harga lelang 200 dollar AS (sekitar Rp 3 jutaan).

https://tekno.kompas.com/read/2018/08/28/07080067/komputer-apple-produksi-1970-dilelang-seharga-supercar-terbaru

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke