Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Foto Bos Xiaomi Menunggang Motor Jadi Kontroversi

Sayang, foto itu tak sesuai dengan klaim Sung. Alih-alih Pocophone F1, gambar yang bersangkutan diduga merupakan hasil jepretan ponsel lain, tepatnya Mi Mix 2S yang juga bikinan Xiaomi.

Dugaan tersebut mengemuka setelah seorang editor di forum online Reddit yang bernama Mohammed Faisal (u/Faiso333), yang menemukan keganjilan dalam foto unggahan Sung.

Dia mengaku sebelumnya pernah melihat foto yang mirip di linimasa Instagram sang eksekutif Xiaomi.

Setelah ditelusuri, ternyata Sung memang pernah mengunggah foto yang sama persis, jauh sebelum peluncuran Pocophone.

Tone warnanya sedikit berbeda, tapi framing dan subyek foto sama persis, yakni Sung yang mejeng di atas motor listrik Super SOCO.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Beebom, Rabu (29/8/2018), ketika itu foto tersebut diimbuhi watermark berbunyi “Shot on Mi Mix 2S AI Dual Camera” untuk menandai perangkat pengambil gambar. 

Nah, dalam foto terbaru yang dipamerkan Sung, watermark di pojok kiri bawah frame terlihat sudah dihilangkan dengan kasar, meninggalkan bekas-bekas yang jelas terlihat.

Kedua foto belakangan dihapus dari akun Instagram Sung, namun screenshot terlanjur beredar. 

Xiaomi bukan satu-satunya perusahaan yang pernah kepergok memakai foto jepretan perangkat lain untuk mempromosikan smartphone.

Baru-baru ini, Huawei ketahuan memakai foto dari DSLR untuk mengiklankan kemampuan selfie smartphone seri Nova 3. Lalu, Samsung juga pernah mengambil stock photo dari agensi foto Getty Images untuk mempromosikan ponsel seri Galaxy A8.

https://tekno.kompas.com/read/2018/08/29/16330077/foto-bos-xiaomi-menunggang-motor-jadi-kontroversi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke