Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

XL Luncurkan Aplikasi Laut Nusantara, Bedanya dengan mFish?

Tujuan aplikasi ini adalah untuk memberikan informasi yang dibutuhkan para nelayan kecil. Seperti wilayah tangkapan, informasi sebaran ikan di pelabuhan, hingga kondisi cuaca di laut. Nelayan juga bisa melaporkan hasil tangkapannya melalui aplikasi ini termasuk harga ikan pelabuhan.

Ada pula informasi perkiraan bahan bakar minyak yang dibutuhkan untuk menuju titik tertentu, serta dilengkapi dengan fitur chatting untuk saling menghubungkan para nelayan.

"Kami berharap, aplikasi ini benar-benar bisa membantu saudara-saudara nelayan kita untuk bisa menikmati kekayaan laut Nusantara di era digital," papar Kepala Balai Riset dan Observasi Laut (BROL), I Nyoman Radiarta.

Lebih lanjut, Direktur Teknologi XL Axiata, Yessie D. Yosetya mengungkapkan jika aplikasi Laut Nusantara telah dikembangkan selama lima bulan dan menjadi aplikasi kedua yang diluncurkan XL Axiata khusus untuk nelayan.

Bedanya dengan mFish

Dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Senin (3/9/2018) sebelumnya XL Axiata meluncurkan aplikasi "mFish". Bedanya, aplikasi Laut Nusantara bekerja secara real-time dan informasi yang dihimpun resmi dari BROL yang dibawahi Kementrian Kelautan dan Perikanan.

Data yang dimiliki BROL diklaim lebih terkini dan diperbarui setiap tiga hari, berdasarkan data dari satelit khusus.

Aplikasi Laut Nusantara mulai bisa digunakan nelayan seluruh Indonesia pada 30 Agustus 2018, dengan mengunduhnya di Google Play Store di tautan berikut ini. Nelayan bisa mengakses aplikasi ini selama smartphone mereka bisa menangkap sinyal.

Dari percobaan yang telah dilakukan, aplikasi ini masih bisa digunakan hingga jarak 10 mil dari bibir pantai. Jarak ini disebut masih relevan, mengingat nelayan tradisional dengan perahu berukuran kecil memiliki daya jangkau rata-rata kurang dari 20 mil laut.

Selain data informatif untuk produktivitas, aplikasi Laut Nusantara juga diperkaya fitur edukasi kelautan, seperti informasi soal terumbu karang, pelestarian biota laut, hingga ancaman pencemaran.

https://tekno.kompas.com/read/2018/09/03/16040007/xl-luncurkan-aplikasi-laut-nusantara-bedanya-dengan-mfish-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke