Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Wikipedia Buru 20 Juta Foto Artefak Museum yang Terbakar

Termasuk peninggalan paling berharga adalah fosil manusia pertama di Brasil, Luzia. Kebakaran itu juga melahap meteorit seberat 5,5 ton yang ditemukan tahun 1784.

Peninggalan-peninggalan sejarah itu diyakini hilang menjadi arang, namun Wikipedia mencoba menyelamatkan ingatan nilai sejarah artefak-artefak itu. Caranya dengan menggelar "sayembara" untuk mengurasi foto-foto dari artefak yang terbakar di Museum Nasional Brasil dari warganet.

Wikimedia Commons merupakan wadah penyimpanan gambar dan berkas multimedia berlisensi bebas. Inisiasi ini adalah bagian dari proyek Wikimedia. Bagi warga yang merasa memiliki foto salah satu artefak yang hilang di Museum Nasional Brasil, bisa membuka laman commons.wikimedia.org.

Lalu klik "upload file", pilih foto yang dikehendaki, lantas klik "continue". Kemudian pilih opsi "this file is my own work" dan klik "next". Lanjutkan dengan deskripsi foto yang diunggah dan tambahkan kategori "Meseu Nacional, Rio de Janeiro", lalu pilih "next" untuk mengakhiri.

"Kebakaran di Museum Nasional Brasil menghancurkan 200 tahun ingatan yang tersimpan," ujar Katherine Maher, Executive Director Wikimedia Foundation, dikutip KompasTekno dari Cnet, Senin (10/9/2018).

Ia menambahkan dengan upaya ini, dirinya berharap semua warga dunia dimana pun mereka berada bisa bersama-sama mengembalikan ingatan bersejah yang hilang atas tragedi ini.

Penyebab kebakaran ini belum diketahui secara pasti. Kepala museum menaksir separuh koleksi museum lenyap terbakar.

https://tekno.kompas.com/read/2018/09/10/17080037/wikipedia-buru-20-juta-foto-artefak-museum-yang-terbakar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke